Sungai Marmoyo Meluap, Tiga Kecamatan di Jombang Terendam Banjir

Sungai Marmoyo yang membelah banyak desa di sejumlah kecamatan di Jombang meluap. banjir bandang tak terhalang.

Sungai Marmoyo Meluap, Tiga Kecamatan di Jombang Terendam Banjir
SURYA/SUTONO
Situasi banjir yang merendam sejumlah desa di tiga kecamatan wilayah utara Brantas Kabupaten Jombang akibat meluapnya air di Sungai Marmoyo, Sabtu (10/2/2018). 

TRIBUNJATIM.COM, JOMBANG - Sungai Marmoyo yang melintasi sejumlah desa di wilayah utara Sungai Brantas Kabupaten Jombang meluap.

Akibatnya sejumlah desa di tiga kecamatan utara Sungai Brantas terendam banjir sejak Sabtu dini hari (10/2/2018) .

Catatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jombang, lokasi yang diterjang banjir antara lain meliputi Dusun Kalidoro, Desa Karangpakis, Kecamatan Kabuh, kemudian Dusun Dekes, Desa Sidokaton, Kecamatan Kudu.

Selain itu juga Dusun Jatisari, Desa Kedungjati, Kecamatan Kabuh; serta Dusun Pagerongkal, Desa Pagertanjung, Kecamatan Ploso.

Banjir juga sempat menggenangi jalan raya Kedungjati, yakni jalur yang menghubungkan Jombang - Babat," ujar Stevy Maria, relawan dari BPBD Jombang, Sabtu (10/2/2018).

Stevy mengatakan, banjir yang menerjang tiga kecamatan itu mulai kelihatan Jumat jelang tengah malam. Diawali hujan deras selama empat jam.

Seiring dengan itu, debit air sungai mengalami peningkatan. Hingga akhirnya meluap dan memasuki permukiman padat penduduk serta jalan raya.

Ketinggian air sekitar 50 sentimeter. Kondisi terkini, di beberapa lokasi air mulai surut. Namun tidak demikian dengan Desa Pagertanjung, Kecamatan Ploso.

Saat ini air justru memasuki rumah-rumah penduduk.

"Ketinggian air antara 45 hingga 50 sentimeter. Mudah-mudahan air segera surut, lebih-lebih warga dan relawan bahu-membahu mempercepat kembali air mengalir ke sungai Marmoyo," tegasnya. (Surya/Sutono)

Penulis: Sutono
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved