Pilkada Bangkalan

Jelang Kampanye, Poster dan Baliho Calon di Bangkalan Disapu Bersih

Panwas dan KPU menurunkan paksa serta sapu bersih semua poster dan baliho pasangan calon di Bangkalan.

Jelang Kampanye, Poster dan Baliho Calon di Bangkalan Disapu Bersih
SURYA/AHMAD FAISOL
Petugas menurunkan APK milik salah satu calon di depan Kantor PDAM Bangkalan, Jalan Trunojoyo, Selasa (13/2/2018). Ini dilakukan setelah KPU setempat menetapkan tiga pasangan calon peserta Pilkada Bangkalan 2018. 

TRIBUNJATIM.COM, BANGKALAN - Panitia Pengawas Pemilu (Panwas) dan KPU Kabupaten Bangkalan menurunkan semua poster bergambar para calon dan pasangan Cabup/Cawabup peserta Pilkada Bangkalan 2018, di kawasan kota, Selasa (13/2/2018).

Bersih-bersih dimulai sejak pukul 08.00 WIB dari kantor panwas, Jalan Pemuda Kaffa, Jalan Embong Miring Burneh, Jalan Raya Junok, Jalan Halim Perdana Kusuma Ringroad, Pasar Ki Lemah Duwur, Jalan Soekarno Hatta, Jalan Panglima Sudirman, dan Jalan Trunojoyo.

Penurunan Alat Peraga Kampanye (APK) ini, Panwas dan KPU menggandeng Satpol PP, dinas perhubungan, perijinan, polres, kodim 0829, dan Lanal Batuporon.

"Kami lakukan secara serentak bersama panwascam-PPK di kecamatan, dan PPL-PPS di desa," ungkap Ketua Panwas Kabupaten Bangkalan Mustain Saleh.

Ia menjelaskan, pihaknya telah bersepakat dengan KPU Bangkalan dan sejumlah instansi untuk bersinergi melakukan penyisiran dan penurunan APK.

"Karna start kampanye akan dimulai pada 15 Februari. Semua APK akan disediakan KPU ketika memasuki masa kampanye," jelasnya.

Ketua KPU Bangkalan Moch Fauzan Jakfar menyatakan, kegiatan bersih-bersih APK memang sudah sesuai dengan aturan setelah tahapan penetapan pasangan calon.

"Selanjutnya, kami akan berkoordinasi dengan tim kampanye pasangan calon untuk membicarakan APK," kata Fauzan yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Ia menambahkan, APK berupa baleho akan disediakan 5 buah se kabupaten untuk masing-masing calon kabupaten, 20 buan umbul-umbul di setiap kecamatan, dan dua buah spanduk di setiap desa.

"Titik-titik pemasangan juga diatur kami," tegasnya.

Seperti diketahui, Panwas Kabupaten Bangkalan menyatakan para tim pasangan calon bisa menambah jumlah alat peraga dengan ketentuan maksimal 150 persen dari jumlah yang dibiayai KPU.

Dengan demikian, total jumlah baleho berukuran besar milik para calon sebanyak 12 buah. Dengan rincian, 5 buah dibiayai negara dan 7 buah biaya sendiri.

Sementara total jumlah umbul-umbul sebanyak 50 buah dengan rincian, 20 buah dari KPU dan 30 buah hasil buatan pasangan.

Adapun total jumlah spanduk sebanyak 5 buah dengan rincian 2 spanduk dibuatkan KPU dan 3 spanduk hasil karya para pasangan. (Surya/Ahmad Faisol)

Penulis: Ahmad Faisol
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help