Pilkada Bangkalan

Awas, Panwas Pelototi ASN Bangkalan di Media Sosial Jelang Pilkada

Netralitas aparatur Sipil Negara (ASN) menjelang pelaksanaan Pilkada Bangkalan dan Pilkada Jatim menjadi atensi Panitia Pengawas

Awas, Panwas Pelototi ASN Bangkalan di Media Sosial Jelang Pilkada
Surya/Ahmad Faisol
Tiga pasangan menunjukkan nomor urut masing-masing dalam Rapat Pleno Terbuka Pengundian dan Penetapan Nomor Urut Pasangan Cabup dan Cawabup Pilkada Bangkalan yang digelar KPU Bangkalan di Gedung Rato Ebu, Selasa (13/2/2018) 

TRIBUNJATIM.COM, BANGKALAN - Netralitas aparatur Sipil Negara (ASN) menjelang pelaksanaan Pilkada Bangkalan dan Pilkada Jatim menjadi atensi Panitia Pengawas (Panwas) Kabupaten Bangkalan.

Tak hanya di dunia nyata, panwas juga mengawasi PNS di media sosial.

Ketua Panwas Kabupaten Bangkalan Mustain Saleh menegaskan, sudah jelas ada larangan tegas dari Kementrian Dalam Negeri dan Kemetrian Pendayagunaan Aparatur Negara (Men-PAN) untuk terlibat aktif dalam politik.

"Nge-like saja atau sekedar foto bareng, apalagi berkomentar di media sosial. Itu sudah tidak boleh," tegas Mustain dalam Sosialisasi Netralitas ASN menjelang Pemilihan Guberur/Wakil Gubernur Jatim dan Pemilihan Bupati/Wakil Bupati Bangkalan 2018 di Aula Diponegoro Pemkab setempat, Kamis (15/02/2018).

Baca: Berbuat Asusila, Dua Perempuan di Sumenep Harus Bayar Denda Sebesar ini. . .

Ia menjelaskan, pihaknya tidak ingin kejadian empat ASN yang ditemukan hadir saat salah satu pasangan calon mendaftar ke KPU bangkalan beberapa waktu lalu.

"Sanksi tidak hanya penurunan pangkat dan gaji tapi ada sanksi pidana jika terbukti aktif dalam kegiatan paslon," pungkasnya.

Hadir dalam kesempatan itu Ketua Bawaslu Propinsi Jatim Moh Amin. Menurutnya, netralitas ASN sangat berat dibandingkan beban netralitas TNI/Polri.

"ASN dituntut netral namun mereka mempunyai hak pilih. Keluarganya pun tidak boleh tahu. Beda dengan TNI/Polri yang memang tidak mempunyai hak pilih," katanya.

Ia menambahkan, pengawasan dilakukan guna mencegah dan menindaklanjuti temuan-temuan selama pelaksanaan pilkada.

Baca: Cuaca Buruk di Surabaya, Pesawat Garuda Terpaksa Divert ke Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali

"Sehingga netralitas ASN benar-benar terjaga selama pelaksanaan Pilkada Bangkalan," tandasnya.

Selain Moh Amin, acara yang dibuka Sekretaris Daerah Eddy Moeljono itu dihadiri Kapolres Bangkalan AKBP Anissullah M Ridha dan puluhan pejabat di lingkungan Pemkab Bangkalan. (Surya/Ahmad Faisol)

Penulis: Ahmad Faisol
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help