Tahun Baru Imlek

11 Tahun Pria Tulungagung ini Jual Wayang Potehi, Kini Peminatnya Hingga Luar Negeri

Kuato adalah salah satu perajin boneka wayang potehi di Tulungagung, Jawa Timur . Bapak empat anak ini dulunya adalah panjak dalang potehi

11 Tahun Pria Tulungagung ini Jual Wayang Potehi, Kini Peminatnya Hingga  Luar Negeri
Surya/David Yohanes
Kuato (51) tengah menjajar karakter boneka wayang potehi yang baru saja dikerjakannya. 

 TRIBUNJATIM.COM, TULUNGAGUNG - Kuato (51) mengeluarkan sejumlah boneka wayang potehi yang baru saja dibuatnya. Ada karakter yang sudah lengkap dengan pakaian kebesarannya. Namun ada pula yang masih berupa kepala lengkap dengan detail ekspresinya.

Kuato adalah salah satu perajin boneka wayang potehi di Tulungagung, Jawa Timur . Bapak empat anak ini dulunya adalah panjak dalang potehi. Pekerjaan ini sudah digelutinya sehak 1985.

“Sempat jadi asisten dalang juga. Kalau asisten ikut memegang wayang, tapi tidak berdialog. Dia hanya memainkan wayang saja,” tutur Kuato, saat ditemui di rumahnya, di Kelurahan Kutoanyar, Kecamatan Tulungagung.

Karena lama menjadi awak pertunjukan wayang potehi, Kuato sangat hapal setiap karakter. Tahun 2000 Kuato mulai merintis membuat bonek karakter wayang potehi. Tidak ada yang mengajari, Kuato belajar secara otodidak.

Baca: Lagi, Banjir Rendam Jalan Raya Porong Sidoarjo

Bermodal bahan baku dari kayu waru dan pisau ukir, kakek empat cucu ini mulai belajar mengukir. Selama 11 tahun hasil karya Kuato tidak banyak mendapat apresiasi. Salah satunya karena hasil garapannya masih kurang sempurna.

“Waktu awal-awal boneka yang saya hasilkan justru dibeli anak-anak sekolah. Ada juga yang dibeli bule, tapi tidak banyak,” ujar Kuato.

Akhir 2011 terjadi demam wayang potehi. Boneka potehi buatan Kuato pun mulai dikenal secara luas. Apalagi hasil karyanya jauh lebih sempurna, baik dari sisi ekspresi maupun pewarnaan.

Satu boneka buatan Kuato dihargai Rp 150.000. Harganya yang melonjak itulah yang memacu Kuato semakin bergairah menekuni pekerjaannya. Para peminat mulai berdatangan dari berbagai kota.

Baca: Sumber Kekayaan Roro Fitria yang Diciduk Polisi hingga Terungkapnya Kamar Rahasia Fachri Albar

Halaman
12
Penulis: David Yohanes
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help