Polres Pamekasan Madura Beri Makan Minum Pada Orang Gila yang Dirazia

Polres Pamekasan menggelar razia terhadap orang gila (orgil), yang selama ini sering berkeliaran di pinggir jalan di kawasan kota Pamekasan.

Polres Pamekasan Madura Beri Makan Minum Pada Orang Gila yang Dirazia
Surya/Muchsin Rasjid
Sebelum diserahkan kepada keluarganya, Polres Pamekasan, memandikan, memberi makan dan minum serta mengajaknya salat. 

 TRIBUNJATIM.COM, PAMEKASANPolres Pamekasan menggelar razia terhadap orang gila (orgil), yang selama ini sering berkeliaran di pinggir jalan di kawasan kota Pamekasan.

Dalam penertiban ini, mereka diamankan dan dikembalikan kepada keluarganya, Senin (26/2/2018).

Namun sebelum mereka ini diserahkan kepada keluarganya, orang gila yang sudah tidak mandi selama beberapa hari, lebih dulu dibawa ke polres untuk dimandikan dan diberi makananan dan minuman.

Bahkan ada yang diajak salat di musalla Polres Pamekasan lalu diserahkan ke Dinas Sosial (Dinsos) Pamekasan.

Kapolres Pamekasan, AKBP Teguh Wibowo, penertiban sejumlah orgil ini untuk mengantisipasi tindakan kriminalitas pada mereka.

Sebab belakangan ini keberadaan orgil sudah meresahkan masyarakat, menyusul tindakan orgil yang diduga melakukan tindakan kriminalitas.

Baca: 6 Fakta Sidang Kasus Penipuan First Travel, Anniesa Hasibuan Menangis Hingga Makian Para Korban

“Mereka yang sudah kami tertibkan dan kami mandikan dulu di sini, lalu kami serahkan ke Dinsos untuk penanganan selanjutnya. Dan penertiban ini akan kami lakukan terus-menerus, hingga keberadaan orang gila, baik di kota atau yang berkeliaran sudah tidak ada lagi,” ujar Kapolres.

Sedang Kepala Dinsos Pamekasan, Syaiful Anam yang dimintai konfirmasinya mengatakan, dalam penangananorang gila ini melibatkan beberapa instansi terkait. Untuk penertibanannya dilakukan polres dan penanganan kesehatannya ditangani dinas kesehatan (Dinkes), sedang dinsos sendiri bagian administrasinya.

Menurut Syaiful Anam, dari sejumlah orgil yang sudah diamankan di wilayah kota, setelah didata baik nama dan alamatnya, orgil itu dibawa ke Puskesmas Kowel, guna mendapatkan penanganan medis awal.

Halaman
12
Penulis: Muchsin Rasjid
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved