Pilkada Madiun

Hadir di Acara Sosialisasi Pupuk Petrokimia, Paslon Djosto Ditegur Panwaslu Kabupaten Madiun

Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Madiun memberi teguran kepada pasangan calon (paslon) Djoko Setijono-Suprapto (Djosto).

Hadir di Acara Sosialisasi Pupuk Petrokimia, Paslon Djosto Ditegur Panwaslu Kabupaten Madiun
(Surya/Rahadian bagus)
Screenshot akun grup facebook Djosto, mengunggah foto cawabup Djosto, Suprapto yang menghadiri acara sosialisasi produk pupuk PT Petrokimia Gresik yang digelar di Kantor KUD Wonoasri, Rabu (21/2/2018). 

TRIBUNJATIM.COM, MADIUN - Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Madiun memberi teguran kepada pasangan calon (paslon) Djoko Setijono-Suprapto (Djosto).

Teguran itu ditujukan kepada Suprapto yang kedapatan ikut kegiatan sosialisasi produk pupuk PT Petrokimia Gresik yang digelar di Kantor KUD Wonoasri, Rabu ( 21/2/2018).

Ketua Panwaslu Kabupaten Madiun, Agus Setiawan saat dikonfirmasi, Selasa (27/2/2018) di kantornya, membenarkan pihaknya memberi teguran kepada paslon Djosto.

Agus menuturkan, teguran itu disampaikan kepada calon wakil bupati paslon Djosto, Suprapto yang hadir dan memberi sambutan dalam acara itu.

"Sudah kami berikan teguran agar tidak mengulang lagi," kata Agus.

Baca: Tirukan Suara Kambing di Pasar Hewan, Bocah Banyuwangi ini Raih Juara Nasional Literasi

Agus menuturkan, dalam kasus ini calon wakil bupati yang diusung PKB dan PDIP ini tidak bisa diseret dalam ranah pidana.
Agus beralasan, pada saat itu Suprapto tidak memaparkan visi, misi dan mengajak peserta untuk mencoblos Paslon Djosto.

"Pak Prapto di situ datang sebagai Ketua KUD saja. Dan di situ Pak Prapto tidak mengkampanyekan sebagai paslon. Dan saat pidato di podium, dia tidak mengajak untuk nyoblos Djosto," kata Agus.

Dia berani memastikan hal tersebut karena tim Panwascam juga hadir di lokasi pada saat acara berlangsung. Hasil pantauan tim di lapangan tidak ditemukan unsur pidana pemilu dalam kegiatan tersebut.

"Di situ kami melakukan pengawasan melekat saat ada acara di KUD," kata Agus.

Agus menambahkan, Panwaslu sudah memberi teguran kepada paslon Djosto dan yang bersangkutan berjanji tidak akan mengulang lagi. Panwaslu juga telah memberi peringatan kepada paslon Djosto agar menghapus foto kegiatan itu dari akun grup facebook Djosto.

Baca: Kaget Cawagub Kaltim Meninggal, Ini Yang Dilakukan Cawagub Emil Dardak

Pantuan di akun grup facebook Djosto, foto cawabup Djosto, Suprapto yang diunggah pada Rabu (21/2/2018) telah dihapus.

Selain memberi teguran kepada Paslon Djosto, Panwaslu Kabupaten Madiun juga akan melayangkan surat teguran kepada PT Petro Kimia selaku penyelenggara acara.

"Saat ini sedang diproses surat tegurannya," jelas Agus. (Surya/Rahadian bagus)

Penulis: Rahadian Bagus
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help