Pilgub Jatim 2018

Dukung Petani Hidroponik, Khofifah Gagas Jatim Agro

Calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berkomitmen untuk mendukung dan memajukan dunia pertanian di Jawa Timur.

Dukung Petani Hidroponik, Khofifah Gagas Jatim Agro
ISTIMEWA
Khofifah saat memetik buah apel di Nongkojajar, Pasuruan. 

 TRIBUNJATIM.COM, PASURUAN - Calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berkomitmen untuk mendukung dan memajukan dunia pertanian di Jawa Timur.

Hal itu ia wujudkan dalam salah satu program nawa bhakti satya yaitu Jatim Agro. Salah satunya dengan memberikan dukungan pada para petani dari pembibitan dan juga pemberian bantuan akses ekspor untuk penjualan hasil produksi.

Hal itu disampaikan Khofifah usai mengunjungi green house hidroponik paprika di Nongkojajar, Pasuruan, Jumat (2/3/2018).

Di tempat tersebut, Khofifah menyempatkan diri untuk merasakan langsung memetik paprika yang sudah berwarna merah maupun yang kuning.

Baca: Pemkot Tegaskan Hi Tech Mall Tetap Ada

"Wah ini juga ada warna merah, warna kuning dan hijau. Ini seperti safari politik. Safari Indonesia juga saya rasa, di sini ada hijau merah kuning, dan itu terasa indah, harmoni diantara warna-warna yang bisa menjadi bagian dari proses untuk menyerap keberagaman, indah menurut saya," celetuknya sembari memetik paprika.

Lebih lanjut, Khofifah mengatakan, tempat green house paprika ini merupakan proses pertanian dengan metode hidroponik. Ini jenis tanaman yang tidak banyak ditanam di Indonesia. Bahkan tidak bisa ditanam sembarangan meski di kondisi ketinggian yang sama.

"Apalagi hidroponik pasti teknologi ini lumayan investasinya, yang ingin saya sampaikan adalah inovasi teknologi dan tangan dingin Pak Wawan (pemilik green house) ini menjadi bagian dari kekuatan daerah Nongkojajar Pasuruan, yang punya produksi paprika dengan kualitas handal," tegas Khofifah.

Menurutnya, yang harus dakukan adalah perluasan market supaya bisa tembus pasar ekspor. Sebab sejauh ini produk paprika di greenhouse ini belum menyentuh pasar internasional.

Baca: Semangat Blusukan di Pasuruan, Tiba di Titik Ke Sepuluh Khofifah Kehabisan Suara

"Harus didorong agar bisa eksor. Karena kualitasnya sangat kompetitif kalau ada mediasi untuk bisa ekspor tentu pengembangan ini akan lebih profitable lagi. Nah untuk program ini kami ada di Jatim Agro," ucapnya.

Sementara itu, Wawan, pemilik green house paprika, mengatakan pihaknya berharap banyak pada cagub Khofifah. Ia berharap, sebagai perwakilan dari kelompok tani, ia ingin agar ke depan ada bantuan lebih dari pemerintah.

"Minimal kita kan tergabung di kelompok tani, mungkin bantuannya ke depan untuk kami bisa dikembangkan lagi untuk area pertanian, mungkin itu yang jadi harapan kami agar diperluas lagi," kata Wawan. (Fatimatuz Zahroh)

Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help