Hujan Lima Jam Menerjang Langsung Rendam Lima Desa di Madiun

Desa-desa di Kabupaten Madiun langsung kebanjiran setelah hujan deras menerjang.

Hujan Lima Jam Menerjang Langsung Rendam Lima Desa di Madiun
SURYA/RAHADIAN BAGUS
Seorang guru TK Tempursari di Madiun membersihkan air dan lumpur akibat banjir di halaman sekolah, Senin (5/3/2018). 

TRIBUNJATIM.COM, MADIUN - Hujan berintensitas tinggi pada Minggu (4/3/2018) mengakibatkan lima desa di dua kecamatan di Kabupaten Madiun tergenang air, Senin (5/3/2018) pagi.

Lima desa tersebut yakni Desa Tempursari di Kecamatan Wungu dan empat desa di Kecamatan Madiun yakni desa Sumberejo, Tawangrejo, Sendangrejo dan Dimong.

Kepala BPBD Kabupaten Madiun Edy Hariyanto mengatakan, banjir disebabkan kiriman air dari wilayah lereng Gunung Wilis. Namun, pada Senin (5/3/2018) air sudah mulai surut.

"Tadi sudah surut, sekitar pukul 11.00 WIB tadi. Tinggal di Dukuh Made, Sumberejo, karena alirannya dari Tempursari, masuk situ kan terakhir. Apalagi debit Sungai Bengawan Madiun rendah," katanya.

Ia menuturkan, ketinggian genangan air mencapai sekitar 50 sentimeter. Dikatakannya, setiap tahun, sekali atau dua kali pasti terjadi genangan air di sejumlah titik di Kabupaten Madiun, termasuk dibantaranya di Desa Tempursari.

"Ya, kalau (banjir) masuk rumah, warga di Desa Tempursari sudah nggak kaget lagi. Karena pasti setiap setahun sekali atau dua kali, pasti kemasukan air," jelasnya.

Edy mengatakan, karakter banjir di Kabupaten Madiun berbeda dengan di daerah lain. Banjir di Kabupaten Madiun hanya berlangsung tiga hingga empat jam saja banjir sudah surut.

"Kalau di Madiun, maaf ya, sebenarnya kalau banjir beberapa jam atau hari. Ini hanya tiga atau empat sudah surut. Selama debit air sungai Bengawan Madiun rendah," terangnya.

Dia mengatakan akibat banjir kegiatan belajar di sejumlah sekolah SD dan TK tidak berjalan. Sejumlah murid tidak berangkat ke sekolah, meski sejumlah guru sudah berada di sekolah.

"Bukan diliburkan. Gurunya ada kok, nggak ada perintah diliburkan," kata Edy.

Halaman
12
Penulis: Rahadian Bagus
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help