TNI AL Akan Dalami Kegiatan Penduduk Stateless di Sulawesi Utara yang Kerja di Kapal Ikan Indonesia

TNI AL menggandeng Dinas Kemigrasian dalam pengecekan Warga Negara Asing (WNA) di Indonesia.

TNI AL Akan Dalami Kegiatan Penduduk Stateless di Sulawesi Utara yang Kerja di Kapal Ikan Indonesia
TRIBUNJATIM.COM/PRADHITYA FAUZI
350 peserta TNI AL mengikuti Latkamla 2018 di Ruang Auditorium Puslat Kaprang Kolatarmatim Surabaya, Senin (5/3/2018) 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Pradhitya Fauzi

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - TNI AL menggandeng Dinas Kemigrasian dalam pengecekan Warga Negara Asing (WNA) di Indonesia.

Hal tersebut dikatakan langsung Danguskamlatim, Laksma Agus Hariadi selaku Direktur Latkamla 2018 Koarmatim, saat pembekalan sejumlah peserta Latihan Keamanan Laut (Latkamla) 2018 di Ruang Auditorium Puslat Kaprang Kolatarmatim Surabaya, Senin (5/3/2018) pagi.

Jika Oscar 2018 untuk Film Terbaik, Inilah 5 Film Terjelek Sepanjang Masa yang Pernah Dibuat

"Selain BNNP Jatim, kami juga mengundang Keimigrasian, kami juga mendalami tentang kegiatan orang asing, terutama di wilayah Sulawesi Utara, di sana ada penduduk yang stateless (kewarganegaraannya belum jelas)," papar Agus.

Ia menuturkan, masih di wilayah Sulawesi Utara, terdapat sejumlah WNA salah satunya asal Filipina.

"Di sana ada WNA, Filipina bukan, Indonesia juga bukan, biasanya disebut sapi (sander Philipine)," lanjutnya pada TribunJatim.com.

"Harus kami luruskan tentang nasionalismenya, warga negaranya seperti apa, oleh karena itu kami undang langsung imigrasi, langsung bertatap muka dengan yang berkewenangan," imbuhnya.

11 Gaun Terburuk Red Carpet Oscar 2018, dari yang Mirip Kemoceng Sampai Rumbai-rumbai Mengganggu

Menariknya, orang-orang tersebut banyak yang bekerja di kapal-kapal ikan di Indonesia, namun tak memiliki kewarganegaraan.

Tak hanya itu, Agus mengatakan, TNI AL juga mengundang Satgas 115 Illegal Fishing yang berkaitan dengan aktivitas di laut, terutama tentu saja illegal fishing.

Menurutnya, permasalahan di laut tak hanya melulu tentang illegal unreported dan unregulated saja yang terkait tentang perikanan, tapi juga kapal ikan yang digunakan untuk transfer bahan bakar, narkoba, dan lain sebagainya.

"Kami ingin tahu tren ke depannya seperti apa, akan kami sosialisasikan ke seluruh prajurit di lapangan supaya pengambilan keputusan semuanya memiliki kesamaan pola tindak, pikir, dan prosedur, biar seragam," tutupnya.

Hijab Stylist Lindsay Lohan Ternyata Wanita Asal Indonesia, Seperti Ini Perlakuan Sang Artis Padanya

Penulis: Pradhitya Fauzi
Editor: Alga Wibisono
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help