Home »

Bisnis

» Mikro

Gendhis Collection, Mitra UMKM Binaan PPK Sampoerna yang Sukses dengan Tas Kulitnya

Sri Rahayu atau akrab disapa Gendhis merupakan satu diantara mitra binaan dari Pusat Pelatihan Kewirausahaan (PPK) Sampoerna.

Gendhis Collection, Mitra UMKM Binaan PPK Sampoerna yang Sukses dengan Tas Kulitnya
TRIBUNJATIM.COM/ARIE NOER RACHMAWATI
Sri Rahayu atau akrab disapa Gendhis. Satu diantara mitra binaan PPK Sampoerna. Ia memilih usaha produk tas kulit, Rabu (7/3/2018). 

Laporan wartawan TribunJatim.com, Arie Noer Rachmawati

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Sri Rahayu atau akrab disapa Gendhis merupakan satu diantara mitra binaan dari Pusat Pelatihan Kewirausahaan (PPK) Sampoerna.

Ia memilih usaha di bidang pengolahan limbah kulit seperti halnya pelaku UKM asal Sidoarjo lainnya.

Bermodalkan uang tabungan senilai Rp 10 juta, Gendhis memulai bisnis tas kulit yang ia labeli Gendhis Collection pada tahun 2008.

Selang setahun, Gendhis memilih pindah ke Pandaan melihat usaha tas kulit di sana belum begitu banyak.

"Kemudian dari situ saya mengenal PPK Sampoerna dan saya akhirnya mendaftarkan diri," ucap Gendhis kepada wartawan di Grand City Convex Surabaya, Rabu (7/3/2018).

Ikut Surabaya SMEs Go Digital and International, Sampoerna Ingin Dorong Kemajuan UMKM di Era Digital )

Gendhis mengaku di PPK Sampoerna, ia diberikan pelatihan dan arahan mengenai pengetahuan tas, khususnya tas kulit.

"Tidak hanya itu saja, tetapi juga bagaimana cara membaca tren pasar, pembeli luar negeri itu seperti apa, sampai promosi melalui media sosial," jelasnya.

Berkat binaan yang ia peroleh melalui PPK Sampoerna, Gendhis mengakui kini produknya bisa terjun di pasar modern dan bisa menghasilkan banyak variasi tas.

Di samping itu, mulanya hanya mampu memproduksi 5-10 tas kulit dalam sebulan. Kini bisa mencapai 1.000 tas dalam sebulan.

"Sekarang masyarakat sekitar juga bisa berpenghasilan membantu memproduksi tas kulit saya ini. Sekarang sudah ada sekitar 20 orang pekerja yang membantu memenuhi pesanan tas saya ini," tutupnya.

Tahun 2018, PT HM Sampoerna Bertekad Kembangkan Pembinaan UMKM )

Tak hanya itu, Gendhis pun mengaku siap menuju era digital dengan mempromosikan produkanya melalui Facebook dan juga Instagram.

Penulis: Arie Noer Rachmawati
Editor: Edwin Fajerial
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help