KKP Kota Surabaya Tegaskan Nelayan Surabaya Tahu Bahwa Ikan Buntek Beracun

Terbukti, Kasmini (40) warga Desa Mliwang, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban mengeluh pusing sebelum akhirnya meninggal dunia

KKP Kota Surabaya Tegaskan Nelayan Surabaya Tahu Bahwa Ikan Buntek Beracun
surya/Sudarsono
Barang bukti ikan buntek yang beracun 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Sebagian masyarakat Indonesia mungkin belum mengetahui betul bahwa ikan buntek, atau ikan buntel tidak bisa dikonsumsi seperti layaknya jenis ikan lainnya.

Terbukti, Kasmini (40) warga Desa Mliwang, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban mengeluh pusing sebelum akhirnya meninggal dunia karena telah memakan telur ikan buntek.

Antisipasi agar hal ini tidak terjadi pada masyarakat Kota Surabaya, Djoestamadji, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKKP) Kota Surabaya menegaskan bahwa nelayan harus pandai memilih ikan-ikan yang diminati masyarakat.

"Ikan buntek ini beracun, kalau tidak bisa mengolahnya. Tapi sejauh ini nelayan (Surabaya) sudah tahu dan permintaan masih rendah, kalaupun mendapatkannya biasanya langsung dilepas lagi ke laut," akunya yakin.

Baca: Nasib Mengerikan Dialami Wanita ini, Tewas Usai Makan Telur Ikan Buntek, Ternyata Ini yang Terjadi

Menurut Chef Umar Shaichan, profesional chef menuturkan bagian ikan buntek tidak boleh dikonsumsi semua.

"Biasanya yang diambil dagingnya aja. Organ dalam dan kulitnya sangat beracun dan pasti tidak bisa dikonsumsi," tambahnya. Pipit Maulidiya

Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help