Bandara Juanda Akan Ditutup Sementara untuk Latihan Penanggulangan Keadaan Darurat, Kapan?

PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Juanda akan menggelar Latihan Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) KE-95

Bandara Juanda Akan Ditutup Sementara untuk Latihan Penanggulangan Keadaan Darurat, Kapan?
TRIBUNJATIM.COM/MANIK PRIYO PRABOWO
Pesawat saat beraktivitas di Bandara Juanda, Kamis (22/2/2018). 

Laporan wartawan TribunJatim.com, Manik Priyo Prabowo

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Juanda akan menggelar Latihan Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) KE-95 pada Kamis (15/3/2018).

Dalam pelaksanaan pelatihan nantinya, bandara akan tutup sebentar antara pukul 21.00 WIB sampai pukul 22.00 WIB.

Pelatihan ini sebagai bentuk kepatuhan terhadap regulasi Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan yang dimana untuk melaksanakan kegiatan Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) secara berkala.

Latihan ini melibatkan ratusan personel yang terdiri dari, AP I, TNI AL, Perm LPPNPI, Polri, Basarnas, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Imigrasi, Bea Cukai, serta beberapa rumah sakit di sekitar Bandara Internasional Juanda.

"Latihan Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) untuk menguji fungsi koordinasi, komunikasi, komando, dan sinkronisasi antar departemen dan instansi,” terang General Manager Bandara Internasional Juanda, Heru Prasetyo kepada TribunJatim.com, Selasa (13/3/2018).

“Ha ini juga harus sesuai Dokurnen Penanggulangan Keadaan Darurat Bandar Udara (Airport Emergency Plan Document) dan Dokumen Program Keamanan Bandar Udara (Airport Security Program Document)" lanjut anggota TNI AL non aktif ini.

Heru menambahkan bahwa latihan Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) KE-95 Bandara Internasional Juanda akan dilaksanakan mulai pukul 16.00 sampai dengan 22.00 WIB.

Rangkaian Pelatihan Simulasi ini terdiri dari Fire Building Exercise (berlokasi di area perkantoran Angkasa Pura), Security exercise (berlokasi di Terminal) dan Aircraft Accident Exercise (berlokasi di Sisi Timur Landasan Bandara.

"Kami menghimbau kepada seluruh pengguna jasa bandara dan masyarakat di lingkungan bandara untuk tidak panik,” sahutnya.

“Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang mungkin ditimbulkan dari pelaksanaan kegiatan pelatihan simulasi nantinya," tutur Heru.

“Bandara Internasional Juanda tetap beroperasi secara normal karena Notam (Notice to Airmen) hanya terkait adanya kegiatan latihan,” lanjutnya.

“Kemungkinan tutup hanya lima sampai 10 menit saja untuk pergerakan mobil pemadam,” tandas Kolonel Heru.

Penulis: Manik Priyo Prabowo
Editor: Edwin Fajerial
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help