Menristekdikti Ajak Lembaga Pendidik Perguruan Tinggi Ikut Perkembangan di Era Revolusi Industri 4.0

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, menjelaskan, Indonesia harus bersiap menghadapi perubahan global di era Revolusi Industri 4.0.

Menristekdikti Ajak Lembaga Pendidik Perguruan Tinggi Ikut Perkembangan di Era Revolusi Industri 4.0
TRIBUNJATIM.COM/AYU MUFIDAH
Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Mohammad Nasir, saat berada di Politeknik Negeri Malang (Polinema), Selasa (13/3/2018). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Ayu Mufidah KS

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Mohammad Nasir, menjelaskan, tahun ini Indonesia harus bersiap menghadapi perubahan global di era Revolusi Industri 4.0.

Dimana era Revolusi Industri 4.0 saat ini tengah gencar dalam perkembangan teknologi dan informasi.

Sebagai antisipasi di perubahan global tersebut, Mohammad Nasir meminta kepada seluruh lembaga pendidikan, khususnya perguruan tinggi untuk tidak hanya terfokus mengajar secara langsung.

(4 Hal Seputar Larangan Membawa Power Bank di Kabin Pesawat, Yang Terakhir Bisa Jadi Solusi!)

Namun juga bisa dikembangkan dengan model perkuliahan daring atau secara online.

"Perubahan global saat ini dimasuki oleh Revolusi Industri 4.0 yang berbasis sistem teknologi informasi. Kita harus mengantisipasi hal itu dengan cara bagaimana sistem perkuliahan di samping perkuliahan di kelas, ada juga model perkuliahan model daring alias online," jelasnya usai memberikan Kuliah Umum di Kampus Politeknik Negeri Malang (Polinema), Selasa (13/3/2018).

Mohammad Nasir menyadari perubahan model perkuliahan yang biasa dilakukan di kelas menjadi model online membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

(Dies Natalis ke-36, Gedung dan Masjid Baru Kampus Polinema Diresmikan Menristekdikti)

Pasalnya saat ini Indonesia masih kekurangan Sumber Daya Manusia dan Infrastuktur yang berperan penting dalam perubahan model pembelajaran di kampus.

"Kami sudah siapkan penerapannya. Semua kampus kalau ingin melaksanakannya kami persilahkan. Kami akan memberikan kesempatan," imbuhnya.

Yuk subscribe YouTube Channel TribunJatim.com

Penulis: Ayu Mufidah Kartika Sari
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved