Home »

Jatim

Sindikat Order Fiktif Taksi Online di Surabaya Ini Mampu Raup Keuntungan Ratusan Juta Rupiah

Driver sekaligus penumpang fiktif taksi online Grab ditangkap Subdit V Ditreskrimsus Polda Jatim.

Sindikat Order Fiktif Taksi Online di Surabaya Ini Mampu Raup Keuntungan Ratusan Juta Rupiah
TRIBUNJATIM.COM/PRADHITYA FAUZI
Kabid Humas dan Wadirreskrimum Polda Jatim menunjukkan lima tersangka driver sekaligus penumpang fiktif beserta sejumlah barang bukti saat press release, Selasa (13/3/2018). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Pradhitya Fauzi

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Driver sekaligus penumpang fiktif taksi online Grab ditangkap Subdit V Ditreskrimsus Polda Jatim.

Kelima tersangka adalah Daniel Christian Tong (35), Modi Gautama Halim (29), Kong Dhimas Setyo Kurniawan (26), Juan Suseno (33) dan Maria Hanavie (35).

Sejumlah barang bukti berupa ratusan smartphone berbagai merek, belasan kartu ATM aneka bank, sampai tiga mobil yang digunakan untuk melancarkan aksinya disita polisi.

(Diduga Retas Ratusan Sistem, Pria Asal Sawahan dan Gubeng Surabaya Ditangkap FBI dan Polisi)

Wadirreskrimsus Polda Jatim, AKBP Arman Asmara dapat meringkus para tersangka di Komplek Puri Asri Kelurahan Kalisari, Kecamatan Mulyorejo, Surabaya pada Senin (13/3/2018) lalu.

"Untuk kronologi kejadiannya Senin (5/3/2018) sekitar pukul 17.00 WIB, awalnya kami mengamankan tiga orang yang tertangkap tangan tengah memanipulasi akun driver dan penumpang taksi online Grab," kata Arman.

Hal tersebut bertujuan agar informasi elektronik atau dokumen elektronik itu dianggap sah oleh data yang otentik, yang dilakukan tersangka bernama Daniel, Modi, dan Suseno.

Ketiga orang itu menggunakan akun perusahaan Grab yang palsu serta menciptakan order fiktif menggunakan smartphone "pelor" atau smartphone yang seolah-olah memiliki akun sesungguhnya dari penumpang yang melakukan order pada taksi Grab.

(Yeay! GOT7 Bakal Konser di Jakarta Juni 2018, Fans Indonesia Siap-siap Nabung Nih, Catat Tanggalnya!)

Halaman
123
Penulis: Pradhitya Fauzi
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help