Hacker Surabaya Terciduk

Tiga Orang Hacker di Surabaya Ditangkap Polda Metro Jaya dan FBI, Kapolrestabes: Kami Hanya Membantu

Penangkapan tiga hacker yang merupakan mahasiswa di Surabaya oleh FBI dan Polda Metro menyita perhatian masyarakat.

Tiga Orang Hacker di Surabaya Ditangkap Polda Metro Jaya dan FBI, Kapolrestabes: Kami Hanya Membantu
ISTIMEWA
Subdit IV Cyber Crime Dit Reskrimsus Polda Metro Jaya pengungkapan perkara ilegal akses terhadap sistem elektronik milik orang lain yang dilakukan oleh Kelompok Hacker Asal Surabaya. Ketiga tersangka itu berinisial NA, KPS, ATP 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Nur Ika Anisa

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Penangkapan tiga hacker yang merupakan mahasiswa di Surabaya oleh FBI dan Polda Metro Jaya menyita perhatian masyarakat.

Ketiga mahasiswa merupakan bagian dari komunitas Surabaya Black Hat (SBH) itu mampu meretas ribuan sistem IT di 44 negara.

Terkait penangkapan tiga hacker tersebut, Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Rudi Setiawan mengatakan pihaknya telah mengetahui dan membantu penangkapan, Minggu (11/3/2018).

"Polrestabes Surabaya hanya membantu saja. Membantu penangkapan. Itu saja, itu detailnya itu perkara sana ya (Polda Metro Jaya)," kata Kombes Pol Rudi Setiawan saat dikonfirmasi TribunJatim.com melalui telepon, Selasa (13/3/2018).

Meski enggan menjelaskan terkait penangkapaan penangkapan namun Kapolrestabes Surabaya menegaskan akan melakukan upaya-upaya mengantisipasi adanya kelompok hacker lainnya di Surabaya.

"Untuk antisipasi di Surabaya, Polrestabes Surabaya punya unit kelompok kerja Cyber Troops. Kami juga berpatroli kejahatan cyber," kata Rudi

Namun saat ini Rudi mengatakan belum terdapat indikasi adanya komunitas hacker lain di Surabaya

"Indikasi komunitas lain di Surabaya belum ada, masyarakat kalau mengetahui mohon melapor," ujar perwira yang pernah menjabat Dirreskrimsus Polda Sumsel itu.

Penulis: Nur Ika Anisa
Editor: Edwin Fajerial
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help