1,1 Juta Nomor Indentitas Data Pemilih Sementara di Kediri Diganti Tanda Baca Bintang

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri menetapkan 1. 198.571 Daftar Pemilih Sementara (DPS)

1,1 Juta Nomor Indentitas Data Pemilih Sementara di Kediri Diganti Tanda Baca Bintang
TRIBUNJATIM.COM/AQWAMIT TORIQ
Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jawa Timur adakan penyerahan dan persetujuan desain Alat Peraga Kampanye (APK) dan Bahan Kampanye (BK), Senin (26/2/2018). 

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri menetapkan 1. 198.571 Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang berkaitan penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2018.

Penetapan data DPS ini sesuai Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) dari 26 Kecamatan dan 344 desa di Kabupaten Kediri.

Adapun rincian data DPS yakni 600.750 pemilih pria dan 587.821 perempuan. Sedangkan, jumlah TPS di seluruh wilayah ini 2.594 tempat pemungutan suara.

Sapta Andaruisworo, Ketua KPU Kabupaten Kediri mengatakan terkait mekanisme selanjutnya setelah ini akan ada Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) berdasarkan masukan dari masyarakat kemudian Daftar Pemilih Tetap (DPT).

"DPS masih belum final," tuturnya kepada Surya, Kamis (15/3/2018).

Baca: Lawan Persib Bandung, Arema FC Bawa 22 Pemain

Eka Wisnu Wardana, Komisioner Divisi Data KPU Kabupaten Kediri menambahkan pihaknya menindaklanjuti arahan dari KPU Pusat Nomor 280 tentang penetapan DPS.

Karena itulah, pihak KPU tidak akan mempublikasikan nomor induk kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK) milik DPS secara fulgar, sesuai surat Dirjen Dispendukcapil mengenai peraturan terhadap identitas orang tergolong informasi yang dikecualikan.

"Sesuai arahan KPU akan mengganti empat digit angka nomor terakhir pada NIK dan KK yang diganti tanda baca atau simbol berbentuk bintang," bebernya.

Wisnu memaparkan penggantian tanda baca pada empat digit angka NIK dan KK dilakukan sebelum diumumkan atau dipublikasikan via website dan pengumuman di tingkat desa serta tim pemenang pasangan calon Cagub-cawagub yang berlaga di Pilkada Jatim.

Baca: Ketika Dua Mahasiswa Gunakan Kardus Spaghetti untuk Membungkus Ganja, Begini Ceritanya

"Berkas dokumen data DPS diubah ke dalam format PDF terkunci yang akan diberikan pada Tim Kampanye Paslon," jelasnya.

Ditambahkannya, rencananya penyerahan berkas data DPS akan dilakukan dua pekan kedepan. "Sesuai surat edaran maksimal tanggal 24 Maret," imbuhnya. (Mohammad Romadoni).

Penulis: Mohammad Romadoni
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help