Pilgub Jatim 2018

Bangkitkan Usaha Rumahan, Khofifah Tawarkan Akses Kemudahan Dapatkan Bahan Baku

Termasuk pelaku industri keramik yang tak luput disisir oleh Khofifah di Probolinggo, Jumat (16/3/2018).

Bangkitkan Usaha Rumahan, Khofifah Tawarkan Akses Kemudahan Dapatkan Bahan Baku
(Surya/Fatimatuz Zahroh)
Cagub Khofifah Indar Parawansa saat mengunjungi di usaha pengrajin keramik Jalan Cangkring No 21 B RT 2 RW 3 Kanigaran Probolinggo, Kinasih Keramik, milik Eko Cahyo Purnomo, Jumat (16/3/2018). 

TRIBUNJATIM.COM, PROBOLINGGO - Menyisir pelaku usaha rumahan menjadi hal prioritas yang dilakukan calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar selama kampanye untuk Pilgub 2018.

Termasuk pelaku industri keramik yang tak luput disisir oleh Khofifah di Probolinggo, Jumat (16/3/2018).

Tepatnya di usaha pengrajin keramik Jalan Cangkring No 21 B RT 2 RW 3 Kanigaran Probolinggo, Kinasih Keramik, milik Eko Cahyo Purnomo.

Usaha keramik dengan metode cetak ini memiliki kemampuan menyerap tenaga kerja yang lumayan banyak. Setidaknya ada sebanyak 16 tenaga kerja dari masyarakat wilayah kampung yang diberdayakan oleh usaha ini.

Namun, ternyata usaha memiliki kendala yang cukup berat. Kendala kurangnya tenaga terampil dan mahalnya bahan baku cat menjadi penghambat utama jalannya usaha produksi keramik untuk souvenir dan pasangan ini.

Baca: Tinjau Korban Banjir, Bupati banyuwangi Anas Pastikan Korban Tertangani dengan Baik ‎

"Tiga tahun ini bahan baku cat impor itu mahal sekali. Ibarat kata, usaha ini sudah tidak mikir untung, yang penting jalan, yang penting masih membuka lapangan kerja," kata Eko Cahyo Purnomo, pemilik usaha keramik Kinasih.

Ia menyebutkan, cat sebagai bahan baku itu cenderung kian mahal. Lantaran rupiah yang kian melemah sehingga berpengaruh pada harga bahan baku.

Baca: Inilah Reaksi PT KAI Daop 7 Madiun Saat Warga Kediri Buka Paksa Portal Perlintasan KA

Tidak hanya itu, selama ini bahan baku utama tanah liat cair yang didapatkan pengusaha keramik Probolinggo didatangkan dari UPT di Malang. Masih butuh opsi lain agar bisa mendapatkan pilihan bahan baku yang lebih murah dan berkualitas.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved