Kena Sanksi, Unikama Dilarang Menerima Maba dan Wisuda Mahasiswa

Kemenristekdikti melarang Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama), menerima mahasiswa baru serta menggelar wisuda

Kena Sanksi, Unikama Dilarang Menerima Maba dan Wisuda Mahasiswa
TribunJatim/ Neneng Uswatun Hasanah
Suasana audiensi BEM Unikama dengan jajaran petinggi terkait Pilrek Unikama yang molor dari jadwal, Selasa (9/5/2017). 

 TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Kemenristekdikti melarang Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama), menerima mahasiswa baru serta menggelar wisuda sebelum konflik internal yang selama ini terjadi selesai.

Kasubdit Pengendalian Kelembagaan Perguruan Tinggi Kementerian Ristekdikti, Henri Tambunan mengatakan, dengan sanksi administrasi itu berarti Unikama berstatus kampus pembinaan.

"Jatuh sanksinya itu per tanggal 21 Maret 2018. Suratnya sudah kami kirimkan,” kata Henri kepada wartawan, Kamis (29/3/2018).

Dijelaskannya, sanksi tersebut akan dicabut apabila kedua belah pihak yang bersengketa telah menyelesaikan konfliknya. Selama konflik belum tuntas, maka sanksi tersebut terus berlaku.

Selama ini terdapat konflik internal yayasan di Unikama. Masing-masing kubu mengklaim Perkumpulan Pembina Lembaga Pendidikan Perguruan Tinggi (PPLP-PT) PGRI yang menaungi Unikama.

Baca: Nikita Mirzani Kuak Ciri Khas Transgender Lucinta Luna hingga 10 Foto Maria Selena Bikin Meleleh

Ada dua kubu yakni PPLP-PT PGRI di bawah kendali Cristea Frisdiantara di bawah komando Soeja’i. Kedua kubu sama-sama mengangkat rektor.

Soeja’i pakai rektor Dr Pieter Sahertian. Sedangkan Cristea Frisdiantara memgangkat Pjs Rektor Prof Dr Tauchid Noor.

“Masa jatuh sanksinya itu kita berikan waktu 6 bulan. Itu sesuai dengan Permen Ristekdikti no. 100 tahun 2016. Kita harapkan dalam 6 bulan masa jatuh sanksi itu, ada perbaikan, disamping Kementerian akan melakukan telaah atau kajian yang berkaitan dengan legalitas yayasan yang berkonflik,” papar Henri.

Di sisi lain, Dirjen Kemenristekdikti, Dr. Patdono Suwignjo mengatakan bila kedua yayasan akan diminta presentasi ke Menristekdikti.

“Kapannya kami belum menjadwalkan,” jelasnya.

Baca: Kunjungi Pabrik Cerutu Jember, Emil Dardak Sadari Tembakau Impor Rusak Kesejahteraan Rakyat

Seperti diketahui sebelumnya, Kementerian dan Kopertis VII telah berupaya melakukan islah untuk berdamai bagi kedua kubu. Namun salah satu pihak tidak mau berdamai atau islah.

Unikama berdiri di bawah Perkumpulan Pembina Lembaga Pendidikan Perguruan Tinggi (PPLP-PT) PGRI. Keabsahan pengurusan Soeja'i dipertanyakan oleh PPLP pimpinan Christea Frisdiantara. Sesuai dengan SK Kemenkum HAM No AHU-0000001.AH.01.08 Tahun 2018 tertanggal 5 Januari 2018, mengukuhkan susunan pengurus baru periode 2018-2023 yang dipimpin oleh Christea. Pihak Christea menganggap kepengurusan pimpinan Soeja'i telah habis masa jabatannya. (Benni Indo)

Penulis: Benni Indo
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved