Inilah 10 Atraksi Menarik dan Berkelas yang Digelar Banyuwangi Sepanjang Bulan April ini

Bulan April ini Banyuwangi Festival akan diramaikan dengan sederet atraksi yang menarik dan berkelas.

Inilah 10 Atraksi Menarik dan Berkelas yang Digelar Banyuwangi Sepanjang Bulan April ini
SURYA/HAORRAHMAN
Festival Kali Bersih, bersih-bersih sungai di Banyuwangi. 

TRIBUNJATIM.COM, BANYUWANGI - Bulan ini Banyuwangi Festival akan diramaikan dengan sederet atraksi yang menarik. Ada sepuluh event sepanjang bulan April ini, mulai dari Banyuwangi Underwater Festival, Trail Run Banyuwangi Ijen Green Run, pesta kuliner, hingga festival sungai bersih.

Event sport tourism akan banyak mewarnai B-Fest di awal April ini, yakni Banyuwangi Underwater Festival (4-6 April), Fishing Festival (lomba mancing, 7 April), dan lomba lari Banyuwangi Ijen Green Run (8 April).

Bupati Banyuwangi Abdulah Azwar Anas, mengatakan, konsep sport tourism memang mempunyai ceruk pasar tersendiri.

Misalnya, menurut The British Tourist Authority dan English Tourism Board, sekitar 20 persen dari jumlah total wisatawan yang datang di Inggris adalah wisatawan olahraga, baik untuk berlaga maupun menikmati ajang olahraga.

”Dalam geliat industri pariwisata tersebut, wisata olahraga atau sport tourism menjadi salah satu yang paling pesat perkembangannya. Karena itu kami membidik indutri sport tourism ini. Tapi tentu kami pilah segmen mana sesuai dengan potensi Banyuwangi,” kata Anas.

Banyuwangi Underwater Festival yang berlangsung selama tiga hari ini akan digelar di kawasan wisata bahari di Bangsring Underwater, kecamatan Wongsorejo Banyuwangi.

"Terdapat beragam even unik yang akan mewarnai even ini. Mulai dari "Nemo Dancing" (pengamatan ikan Nemo selama 48 jam), tari gandrung di dasar laut, pendidikan bahari, lomba kano, lomba lari sisir pantai, hingga underwater photography. Penyelamatan dan pengamatan ikan Nemo ini nantinya akan dinilai untuk dapat Rekor MURI," kata bupati 44 tahun itu.

Usai Bangsring Underwater akan disusul event Fishing Festival, Sabtu (7/4). Lomba memancing yang berlangsung di sisi Utara Pantai Grand Watu Dodol ini akan dimeriahkan ratusan penghobi mancing di tengah laut.

Event lomba lari Banyuwangi Ijen Green Run akan digelar pada Minggu (8 April) pagi dengan start di rest area Tamansari, Kecamatan Licin. Ajang lari di alam bebas (trail run) ini, mengajak pesertanya untuk berkompetisi olahraga sambil menikmati pesona alam kawasan pegunungan Ijen yang sejuk dan hijau.

"Acara ini sayang untuk dilewatkan. Ada banyak keindahan yang ditawarkan," kata Anas.

Green Run memiliki 3 (tiga) kategori untuk pria dan wanita. Yakni family run 6 KM, half run 18 KM, dan long run 33 KM. Ditambah satu kategori khusus, kelas exhibition bagi anak-anak usia 6-12 tahun dengan jarak tempuh maksimal 1 kilometer.

Bagi wisatawan penikmat kuliner bisa datang ke ajang Banyuwangi Kuliner pada Kamis (12 April) di Taman Blambangan Banyuwangi. Kali ini, Banyuwangi khusus mengangkat kuliner tradisional Ayam Kesrut.

"Akan hadir Chef Farah Quinn untuk memeriahkan acara. Selain itu, di areal tersebut juga akan berlangsung Banyuwangi Art Week dari tanggal 12 - 15 April. Sehingga pengunjung selain mencicipi kuliner khas Banyuwangi juga bisa melihat beragam karya anak Banyuwangi di Art Week tersebut, " jelas Anas.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Yanuarto Bramuda menambahkan, event lainnya yang digelar di bulan April adalah "A Week in Songgon" (21-29 April), Kontes Bekisar dan Kucing (22 April), Festival Sastra (28-29 April), dan Festival Pasar dan Kali Bersih (29 April).

"Event Seminggu di Songgon ini akan mengajak para wisatawan menikmati suasana pedesaan dan mengeksplorasi alam wilayah Songgon yang terletak di kaki Gunung Raung. Selama seminggu penuh, wisatawan dapat menikmati rangkaian atraksi mulai dari petualangan (adventure) rafting di Kali Badeng, menembus hutan menikmati pemandangan air terjun, wisata hutan pinus dan rumah pohon, menyaksikan lomba berkuda, hingga lomba panahan," pungkas Bramuda. (Surya/Haorrahman)

Penulis: Haorrahman
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help