Home »

Techno

» News

Kampus di Surabaya

Hebat! Tiga Mahasiswa ITS Surabaya Ini Berhasil Ciptakan Game yang Gunakan Suara untuk Memainkannya

Di era modern ini, banyak media pembelajaran yang bisa digunakan untuk meningkatkan mutu pembelajaran.

Hebat! Tiga Mahasiswa ITS Surabaya Ini Berhasil Ciptakan Game yang Gunakan Suara untuk Memainkannya
TRIBUNJATIM.COM/TRIANA KUSUMANINGRUM
Tiga mahasiswa ITS Surabaya yaitu Ilham Cahya Suherman dari Departemen Sistem Informasi, Firman Maulana dari Departemen Teknik Informatika, dan Diah Rachmawati dari Desain Komunikasi Visual (DKV). Mereka membuat game Words War 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Triana Kusumaningrum

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Di era modern ini, banyak media pembelajaran yang bisa digunakan untuk meningkatkan mutu pembelajaran.

Untuk menjawab tantangan di era modern ini Ilham Cahya Suherman dari Departemen Sistem Informasi, Firman Maulana dari Departemen Teknik Informatika, dan Diah Rachmawati dari Desain Komunikasi Visual (DKV) yang berada di bawah Departemen Desain Produk Industri (Despro) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Ketiganya menciptakan sebuah game bernama Words War dengan mengusung teknologi speech recognizition.

Speech Recognizition (SR) adalah teknologi yang digunakan untuk mengonversikan sinyal akustik (suara) melalui mikrofon, sebagai bentuk perintah dalam mengoperasikan komputer secara otomatis.

Latih Berbahasa Inggris, Mahasiswa ITS Rancang Game Words War )

“Jadi, pemain hanya perlu bermodal suara atau ucapan untuk mengendalikan atau menjalankan game tersebut dan SR ini hanya mampu dijalankan di Windows 10," ujar Ketua Tim penelitian itu, Illham Cahya, Jumat (13/4/2018)

Menurut Ilham Cahya, game yang diciptakan ini bergenre shooter.

Dalam game ini pemain akan mengalahkan lawan melalui tembak-menembak.

Dalam permainan tersebut, pelaku penembak disimulasikan oleh kucing dengan pesawatnya dan pelaku yang ditembak disimulasikan oleh para monster.

Beredar Video Jennifer Dunn Akan Sidang, Netizen Soroti Penampilannya: Tetep Hits Ya? )

"Dalam mengeluarkan tembakan pun, pemain harus mengucapkan kata atau kalimat yang tersedia sebagai fungsi tembakan tepat sasaran ke lawan," ujar mahasiswa asal Malang tersebut.

Terdapat tujuh level dalam game ini, di mana masing-masing level memiliki tingkat kesulitan yang berbeda dalam melafalkan kata atau kalimat dalam bahasa Inggris dengan cepat dan tepat.

Penulis: Triana Kusumaningrum
Editor: Edwin Fajerial
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help