TribunJatim/

Anang Hermansyah Pertanyakan Efektifitas Perpres No 20 Tahun 2018 tentang TKA di Dunia Pendidikan

Presiden Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penggunaan Tenaga Kerja Asing.

Anang Hermansyah Pertanyakan Efektifitas Perpres No 20 Tahun 2018 tentang TKA di Dunia Pendidikan
KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENG
Anang Hermansyah diabadikan di ruang kerjanya di Gedung Nusantara 1, Komplek DPR RI, Jakarta Pusat, Rabu (14/6/2017) malam. 

Laporan wartawan TribunJatim.com, Manik Priyo Prabowo

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Presiden Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penggunaan Tenaga Kerja Asing.

Bidang pendidikan pun tak luput dari sorotan Perpres ini.

Menurut data yang didapat DPR RI Komisi X, tahun 2014 dan 2015 jumlah mahasiswa di PTN sebanyak 1,9 juta, dan PTS 3,9 ribu.

“Adapun jumlah dosen PTN sebanyak 63.704 dan di PTS 108.067 dosen. Jika dibandingkan data tersebut masih ada kekurangan dosen,” jelas Anggota Komisi X DPR RI, Anang Hermansyah pada Minggu (15/4/2018).

Kendati begitu, rencana mendatangkan tenaga pengajar asing tidak sepenuhnya disukai oleh pejabat yang juga seniman musik itu.

(Tiket Kereta Lebaran Tambahan Dibuka, Pemesanan Mulai Senin Besok Hingga . . .)

"Masalahnya, andai saja memang kekurangan dosen untuk bidang tertentu apa harus dengan mengimpor dosen asing?" gugat Anang.

Anang mempertanyakan persyaratan dosen asing agar dapat masuk ke Indoensia khususnya soal wawasan kebangsaan seperti empat pilar.

"Tenaga pengajar menjadi profesi strategis dalam rangka menyiapkan generasi mendatang. Pertanyaannya, apakah dosen asing itu juga harus mengerti soal wawasan kebangsaan kita?" tanya Anang.

Halaman
12
Penulis: Manik Priyo Prabowo
Editor: Anugrah Fitra Nurani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help