Kunjungi Istana Gebang di Blitar, Ibunda Jokowi Kagumi Foto-foto Perjuangan Bung Karno

bunda Presiden Jokowi, Sudjiatmi berkunjung ke Istana Gebang di Kota Blitar dan mendapat pengawalan ketat.

Kunjungi Istana Gebang di Blitar, Ibunda Jokowi Kagumi Foto-foto Perjuangan Bung Karno
SURYA/SAMSUL HADI
Ibunda Presiden RI Joko Widodo, Sudjiatmi Notomihardjo berfoto di samping lukisan Bung Karno di Istana Gebang, Kota Blitar, Minggu (15/4/2018). 

TRIBUNJATIM.COM, BLITAR - Ibunda Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Sudjiatmi Notomihardjo, berkunjung ke Istana Gebang, di Kota Blitar, Minggu (15/4/2018).

Dia mengaku mengagumi foto-foto masa perjuangan Bung Karno yang tersimpan di Istana Gebang.

Ibunda Jokowi tiba di Istana Gebang sekitar pukul 10.30 WIB dan mendapat pengawalan ketat. Sejumlah petugas dari Polres Blitar Kota dan Kodim Blitar terlihat berjaga-jaga di sekitar lokasi.

Begitu sampai di Istana Gebang, Ibunda Jokowi langsung masuk ke rumah peninggalan orang tua Bung Karno itu. Ibunda Jokowi tampak melihat barang-barang peninggalan Bung Karno dan keluarganya yang tersimpan di Istana Gebang.

Sudjiatmi terlihat mengagumi foto-foto masa perjuangan Bung Karno yang ditempel berjajar di dinding Istana Gebang. Ibunda Jokowi juga sempat berfoto dengan latar lukisan Bung Karno. Ibunda Jokowi melihat mobil peninggalan Bung Karno dan kamar Bung Karno.

Dalam kunjungannya itu, ibunda Jokowi didampingi Kapolres Blitar Kota, AKBP Adewira Negara Siregar dan Dandim 0808 Blitar, Letkol Inf Krisbianto. Ibunda Jokowi hanya sekitar 15 menit berada di Istana Gebang.

Setelah melihat-lihat peninggalan Bung Karno di Istana Gebang, ibunda Jokowi langsung bergeser mencari oleh-oleh khas Kota Blitar.

"Bung Karno memang seorang pemimpin yang harus menjadi teladan. Dari foto-foto yang tersimpan di Istana Gebang, beliau sangat sungguh-sungguh memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia," kata Ibunda Jokowi sebelum meninggalkan Istana Gebang.

Menurutnya, banyak sifat-sifat Bung Karno yang harus dicontoh pemimpin Indonesia termasuk anaknya, Joko Widodo.

Semangat dan kegigihan Bung Karno memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia harus terus dikobarkan bagi seluruh rakyat Indonesia.

"Semangat Bung Karno itu penting untuk meneruskan pembangunan di Indonesia," ujarnya.

Kunjungan ibunda Jokowi ke Blitar berlangsung selama dua hari, Sabtu (14/4/2018) dan Minggu (15/4/2018). Pada hari pertama kunjungannya, ibunda Jokowi berziarah ke Makam Bung Karno. Sudjiatmi juga sempat melihat Perpustakaan Bung Karno di kompleks wisata Makam Bung Karno.

Pada kunjungan hari kedua ini, ibunda Jokowi mengunjungi Istana Gebang. Istana Gebang merupakan rumah peninggalan orang tua Bung Karno.

Di rumah itu, sejumlah barang peninggalan Bung Karno dan keluarganya disimpan rapi. Ibunda Jokowi juga sempat mampir ke agrowisata Kampung Coklat di Kademangan, Kabupaten Blitar. (Surya/Samsul Hadi)

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved