Latih SDM UKM, Pemkab Probolinggo Gelar Barista & Latte Art Training

emerintah Kabupaten Probolinggo melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro menggelar pelatihan SDM Usaha Mikro, UMKM

Latih SDM UKM, Pemkab Probolinggo Gelar Barista & Latte Art Training
(Surya/Galih Lintartika)
Barista & Latte Art Training di Base Camp Water Sport Gading Wetan Kecamatan Gading, Selasa (17/4/2018). 

TRIBUNJATIM.COM, PROBOLINGGO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro menggelar pelatihan SDM (Sumber Daya Manusia) Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) bertajuk Barista & Latte Art Training di Base Camp Water Sport Gading Wetan Kecamatan Gading, Selasa (17/4/2018) siang

Kegiatan ini diikuti 40 peserta dari unsur masyarakat yang ada di Kecamatan Gading. Acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo Nanang Trijoko Suhartono, Kepala Desa Gading Wetan Supriyono serta narasumber dari Ladang Kopi Probolinggo.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo Nanang Trijoko Suhartono mengungkapkan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk implementasi dari program Pemerintah Daerah dalam hal pengentasan kemiskinan dengan memberikan bantuan pelatihan kepada UMKM yang ada di daerah kantong kemiskinan.

Baca: Dua Pelaku Penganiaya Bonek Hingga Tewas di Solo Tertangkap, Ini Identitasnya

“Selain wilayah kemiskinan, kegiatan ini didasarkan kepada program prioritas untuk mengembangkan potensi yang melimpah. Kebetulan secara ekonomi, wilayah Kecamatan Gading bisa dikatakan sebagai penghasil kopi yang luar biasa,” ungkapnya.

Menurut Nanang, selama ini kopi tersebut hanya disajikan apa adanya, sehingga harganya pun masih rendah.

“Kami mencoba untuk meningkatkan masalah kopi ini dengan beberapa pelatihan ketrampilan. Sehingga mampu menghasilkan kopi yang berkualitas dan nilai jualnya mahal di Kecamatan Gading, khususnya di Desa Gading,” jelasnya.

Nanang menegaskan, pelatihan ini diberikan dalam rangka menangkap peluang untuk bisa dikembangkan.

Karena selain masalah kemiskinan, ternyata wilayah Kabupaten Probolinggo banyak potensi wisata yang butuh dukungan dan bantuan.

“Kami melatih SDM masyarakat ini agar mereka bisa berwirausaha di wilayah wisata. UKM merupakan salah satu pendukung sektor wisata. Karena jika UKM maju, maka secara otomatis sektor wisatanya juga akan maju,” tegasnya.

Lebih lanjut, Nanang menerangkan, pelatihan ini diberikan dengan maksud untuk merubah mindset mengolah kopi apa adanya.

Baca: Ibunda Nagita Slavina Punya Hotel Mewah di Bali, Segini Tarif Per Malamnya, Fasilitas Wow Banget!

Salah satunya meningkatkan kualitasnya dengan sentuhan-sentuhan penyajian kopi sehingga meningkatkan nilai jual dan menambah daya tariknya.

“Mudah-mudahan setelah kegiatan ini, mereka mau terbuka dalam membuka usaha di bidang cafe kopi dengan harapan bisa membuka lapangan kerja dan menambah pendapatan masyarakat. Sehingga out putnya mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” harapnya. (Galih)

Penulis: Galih Lintartika
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved