PT Kustodian Sentral Efek Indonesia Bareng BEI Gelar Sosialisasi Fasilitas AKSes di Tiga Daerah Ini

Kepala Unit Bantuan Hukum KSEI, Yanu Suwandika mengatakan fasiltas AKSes merupakan fasilitas perlindungan investor Pasar Modal Indonesia.

PT Kustodian Sentral Efek Indonesia Bareng BEI Gelar Sosialisasi Fasilitas AKSes di Tiga Daerah Ini
TRIBUNJATIM.COM/ARIE NOER RACHMAWATI
Kepala Unit Bantuan Hukum KSEI, Yanu Suwandika (kanan) bersama Kepala Pengembangan Wilayah Area 2 Timur PT Bursa Efek Indonesia, Nur Harjantie (kiri) usai acara Media Luncheon Sosialisasi Fasilitas AKSes di Surabaya, Selasa (17/4/2018). 

Laporan wartawan TribunJatim.com, Arie Noer Rachmawati

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYAPT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) bekerjasama dengan Bursa Efek Indonesia (BEI) menyelenggarakan kegiatan sosialisasi di Kediri, Surabaya, dan Jember terkait peningkatan pemanfaatan fasilitas Acuan Kepemilikan Sekuritas (AKSes) dan pengembangan infrastruktur yang tengah dilakukan KSEI.

Kepala Unit Bantuan Hukum KSEI, Yanu Suwandika mengatakan fasiltas AKSes merupakan fasilitas perlindungan investor Pasar Modal Indonesia.

Fasilitas tersebut disediakan supaya para investor dapat memantau langsung portofolio investasinya pada lembaga yang memang diberikan mandat untuk menyimpan data portofolio investor sesuai Undang-Undang Pasar Modal.

“Jadi, ibaratnya investor itu memiliki akses langsung untuk melihat investasinya di sistem kami,” katanya usai acara Media Luncheon Sosialisasi Fasilitas AKSes di Surabaya, Selasa (17/4/2018).

Ini Dua Kemungkinan yang Jadi Penyebab Ambruknya Balkon Gedung Bursa Efek Indonesia )

Yanu menambahkan berdasarkan data KSEI per akhir Maret 2018, saat ini Jawa Timur menempati urutan ketiga dengan jumlah investor terbanyak dari 34 provinsi di Indonesia setelah Jawa Barat.

Adapun jumlah investor secara nasional sebanyak 144.766 dan dari jumlah tersebut tercatat sekitar 34.514 investor yang berdomisili di Jawa Timur, khususnya Surabaya.

“Sementara, jumlah investor di Pasar Modal Indonesia hingga akhir Maret lalu telah mencapai sekitar 1.216.278 investor yang mencakup investor pemilik Efek, Reksa Dana, dan Surat Berharga yang diterbitkan Bank Indonesia,” tambahnya lagi.

Yanu mengatakan, rangkaian kegiatan sosialisasi ini selain kepada para rekan media di Surabaya juga  mencakup kegiatan edukasi di STIE Mahardika Surabaya dan STIE Mandala Jember. Serta, edukasi bagi seluruh investor dan perusahaan Efek yang ada di Kediri dan Surabaya.

PT KSEI Jalin Kerja Sama dengan Lembaga Ini untuk Pangkas Waktu Mengurus Izin Investasi )

“Sosialisasi dan edukasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran investor untuk memanfaatkan fasilitas AKSes untuk mencegah penyalahgunaan wewenang dari pihak yang tidak bertanggungjawab,” tutupnya.

Penulis: Arie Noer Rachmawati
Editor: Edwin Fajerial
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help