PT Kustodian Sentral Efek Indonesia Kembangkan Fasilitas AKSes Jadi AkSes Next Generation

PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) saat ini tengah mengembangkan fasilitas Acuan Kepemilikan Sekuritas (AKSes)

PT Kustodian Sentral Efek Indonesia Kembangkan Fasilitas AKSes Jadi AkSes Next Generation
TRIBUNJATIM.COM/ARIE NOER RACHMAWATI
Kepala Unit Bantuan Hukum KSEI, Yanu Suwandika (kanan) bersama Kepala Pengembangan Wilayah Area 2 Timur PT Bursa Efek Indonesia, Nur Harjantie (kiri) usai acara Media Luncheon Sosialisasi Fasilitas AKSes di Surabaya, Selasa (17/4/2018). 

Laporan wartawan TribunJatim.com, Arie Noer Rachmawati

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) saat ini tengah mengembangkan fasilitas Acuan Kepemilikan Sekuritas (AKSes) menjadi AKSes Next Generation (AKSes Next-G).

Kepala Unit Bantuan Hukum KSEI, Yanu Suwandika mengatakan yang memanfaatkan fasilitas AKSes Next-G ini tidak hanya investor saja. Akan tetapi,juga perusahaan Efek, Bank Kustodian, maupun masyarakat umum.

“Ini sangat memungkinkan karena KSEI sudah bekerjasama dengan Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri untuk memanfaatkan data kependudukan untuk layanan di pasar modal. Sehingga, nanti untuk menggunakan fasilitas AKSes Next-G cukup dengan memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) saja,” jelasnya usai acara Media Luncheon Sosialisasi Fasilitas AKSes di Surabaya, Selasa (17/4/2018).

Selain, bekerjasama dengan Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Yanu meambahkan, pihaknya juga bekerjsama dengan pelaku pasar modal lainnya.

“Akhir 2016 lalu, Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri dan 100 pelaku industri pasar modal menjalin kerjasama terkait pemanfaatan data kependudukan untuk mempercepat dan mempermudah pembukaan rekening Efek. Melalui simulasi yang dilaksanakan, di mana sebelumnya membutuhkan waktu beberapa hari. Kini, dengan menggunakan alat baca KTP hanya membutuhkan waktu kurang dari 30 menit,” tambahnya lagi.

Yanu mengatakan, pihaknya menyadari aktivitas investasi di pasar modal yang nyaman perlu didukung dengan infrastruktur yang memadai.

Menyikapi hal tersebut, 30 Agustus 2016, KSEI telah meluncurkan Sistem Pengelolaan Investasi Terpadu atau S-INVEST yang merupakan platform dan sistem yang terintegrasi untuk industri Reksa Dana.

“Sistem S-INVEST ini bisa menyederhanakan proses yang dilakukan oleh pelaku industri Reksa Dana dalam hal administrasi terkait semua transaksi Reksa Dana. Sehingga, lebih efisien dan transparan,” tutupnya.

Penulis: Arie Noer Rachmawati
Editor: Edwin Fajerial
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help