Polisi Tetapkan Sopir Bus Maut yang Tak Kuat Nanjak Menuju Telaga Sarangan Jadi Tersangka

Sopir bus mini maut yang celaka saat menuju telaga Sarangan jadi tersangka, tapi penyelidikan terus dilakukan.

Polisi Tetapkan Sopir Bus Maut yang Tak Kuat Nanjak Menuju Telaga Sarangan Jadi Tersangka
SURYA/DONI PRASETYO
Ngadiyanto (60) sopir bus yang guling di tanjakan Turen, Kelurahan Dadi, Kabupaten Magetan, Minggu (22/4/2018). 

TRIBUNJATIM.COM, MAGETAN - Polres Magetan tetapkan Ngadiyanto (60) pengemudi bus mini AE 7059 M yang terguling di tanjakan Kuren, Desa Dadi, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, hingga menyebabkan tiga penumpang meninggal dunia dan belasan terluka, sebagai tersangka.

"Ada indikasi kecelakaan yang menyebabkan meninggalnya tiga penumpang bus itu karena human error (kesalahan manusia)," tegas Kapolres Magetan AKBP Muslimin, Senin (23/4/2018).

Meski begitu, hingga kini polisi masih terus melakukan penyelidikan di tempat kejadian perkara (TKP) dan penelitian bus naas itu.

"Kalau kecelakaan itu disebabkan karena kondisi kendaraan, bus mini itu barusan menjalani uji kir, juga menurut kami (Polisi) kondisi kendaraan sangat prima," jelasnya.

Mau ke Telaga Sarangan Mesin Bus Wisata Mendadak Mati, 3 Orang Tewas dan Belasan Terluka

Ibu dan Anak Jadi Korban Tewas Laka Wisata ke Sarangan, Saat Masuk Bus Muncul Firasat Aneh ini

Saat ini, Dinas Perhubungan Kabupaten Magetan akan membangun guard rail (pagar pengaman) dilokasi itu, dan juga menambah rambu lalu lintas yang sudah ada.

"Guard rail selama ini sudah ada, tapi di tahun anggaran ini, akan ditambah termasuk penambahan rambu rambu lalu lintas," terang Muslimin.

Menurutnya, kecelakaan itu terjadi setelah sopir yang berusaha memindah gigi perseneling dari tiga ke dua, mendadak bus tidak berjalan maju malah melorot turun menyamping.

"Mesin bus tidak mati, tapi pengemudi gagal pindah perseneling dari tiga ke dua, pada saat berusaha memindahkan gigi perseneling itu, bus melorot ke samping dan masuk jurang," katanya.

Halaman
12
Penulis: Doni Prasetyo
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help