Pilgub Jatim 2018

Gus Ipul Komitmen Tingkatkan Program Peduli Guru Madin, Ini Alasannya

Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut 2, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) bertemu ribuan guru madrasah diniyah (Madin)

Gus Ipul Komitmen Tingkatkan Program Peduli Guru Madin, Ini Alasannya
bobby Koloway/surya
Calon Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf (Gus Ipul), memberikan sambutan pada acara Silaturrahmi bersama relawan di Nganjuk, Rabu (25/4/2018). 

TRIBUNJATIM.COM, PROBOLINGGO - Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut 2, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) bertemu ribuan guru madrasah diniyah (Madin) se Kabupaten Probolinggo di Desa Mentor, Kecamatan Sumberasih, Kamis (26/4/2018).

Dalam pertemuan ini, Gus Ipul mengungkapkan komitmennya untuk meneruskan program khusus Madin yang selama ini telah dia jalankan selama 10 tahun terakhir menjadi wakil gubernur mendampingi Soekarwo.

Di antaranya dengan memberikan beasiswa kepada guru-guru madin baik ke jenjang S1 maupun S2.

Tiap tahunnya, Pemrov Jatim memberikan beasiswa kepada sekitar sepuluh ribu guru.

"Program ini yang akan kami lanjutkan dan tingkatkan. Ini karena guru madin memiliki peran penting dalam mengajarkan ilmu agama kepada masyarakat. Terutama di kalangan para remaja dan anak-anak baik di madrasah maupun di pondok pesantren," kata Gus Ipul, Kamis (26/4/2018).

Baca: Kelompok Petani Ikut Barisan Pemenangan Gus Ipul dan Mbak Puti

Gus Ipul mengatakan bahwa dengan mempedulikan guru madin akan sekaligus mengurangi kesenjangan sosial masih banyak terlihat di Jawa Timur.

Konsep pemerataan ekonomi berbasis peningakatan kualitas SDM ini sesuai dengan program pemerintahan oleh Gus Ipul kelak, Kabeh Sedulur Kabeh Makmur.

"Termasuk meningkatkan SDM, dengan cara meningkatkan mutu pendidikan seperti halnya madrasah diniyah. Namun terpenting selain masalah infrastruktur sekolah madrasah yang harus layak bagi para santri dan siswa. Kesejahteraan guru madrasah Diniyah yang merupakan guru non PNS perlu untuk disejahterakan," ujarnya.

Dia menjelaskan, upaya peningkatan kesejahteraan para guru madin telah dilakukan selama 10 tahun selama menjabat sebagai wakil gubernur beberapa tahun lalu.

Baca: Seperti ini Kronologi Penangkapan Tersangka Penghina Nabi Muhammad yang Videonya Viral

Bahkan, tak hanya dengan mempedulikan kesejahteraan guru, pihaknya juga berkomitmen meningkatkan program Bantuan Operasional Sekolah Daerah (Bosda) khusus Madin.

"Termasuk mengenai bantuan honor guru untuk Madin dan Bosda untuk para santri Madin. Tinggal kita berupaya meningkatkan bantuan tersebut," ungkap pria yang berpasangan dengan Puti Guntur Soekarno itu.

Gus Ipul selama ini dikenal sebagai bapak Madin Jawa Timur. Dukungan bagi para guru Madin kepadanya tidak hanya datang dari Probolinggo melainkan juga dari beberapa wilayah di Jawa Timur. (bob)

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved