Tim Saber Pungli dan Batu Local Guide Kompak Lakukan ini

Mereka secara tak terduga berkeliling untuk membersihkan di beberapa lokasi di Kota Batu.

Tim Saber Pungli dan Batu Local Guide Kompak Lakukan ini
SURYA/SANY EKA PUTRI
Kegiatan bersih-bersih oleh anggota Batu Local Guide, Saber Pungli, pelajar dan masyarakat di beberapa titik sungai di Kota Batu, Minggu (29/4/2018). 

TRIBUNJATIM.COM, BATU - Batu Local Guide dengan Tim Sapu Bersih Nyemplung Kali (Saber Pungli) sama-sama kompak untuk melestarikan lingkungan.

Hal ini terbukti saat mereka berkeliling untuk membersihkan di beberapa lokasi, seperti di Jalan Raya Pandanrejo. Sekitar 100 orang lebih mengikuti bersih-bersih kali dan terlibat langsung dalam pelestarian lingkungan Minggu (29/4/2018).

Ketua Panitia Bambang Afrianto mengatakan kegiatan ini merupakan tahapan pertama dalam kerangka panjang gerakan Local Guides Clean The World, sebelum melangkah ke tahapan berikutnya, yaitu tahapan Documentation, Actions, Publication, Best Practise.

"Kami mengajak teman-teman dari Batu Local Guide ini untuk ikut dalam aksi bersih-bersih agar bisa saling sharing. Apalagi ide dasar kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran dengan memberikan edukasi sejak dini kepada anak-anak yang merupakan generasi penerus bangsa dan calon pemimpin di masa yang akan datang," kata Bambang.

Kegiatan yang diikuti oleh 50 pelajar dan pramuka, serta 50 sukarelawan, termasuk tim relawan Sabers Pungli, Local Guides beberapa kota di Jawa Timur, dan beberapa komunitas lainnya ini menyusuri beberapa lokasi. Dari hasil nyemplung kali ini para anggota Batu Local Guide juga bisa mempublish kegiatan dan di bagikan.

Karena Batu Local Guide ini juga memiliki fungsi untuk memberikan arah lokasi yang belum dikunjungi ke google serta memberikan rating di setiap tempat. Oleh karena itu kegiatan ini sekaligus memberikan kesempatan agar memberikan petunjuk arah di lokasi yang mereka kunjungi.

"Kami berharap, dari acara ini selain para peserta bisa menjadi agen penyelamat lingkungan masa depan, dan Kota Batu akan benar-benar terbebas dari sampah pada tahun 2020, rating lokasi di Kota Batu bisa menempati posisi yang paling banyak dikunjungi melalui rekomendasi dari google," pungkas dia.

Perlu diketahui, kegiatan Sabers Pungli yang telah beberapa kali diikuti anggota Batu Local Guides, menjadi salah satu proyek percontohan yang bisa menjadi inspirasi gerakan serupa di seluruh dunia.

Dalam peta proyek kegiatan Local Guides Clean The World, hanya ada dua negara yang dicantumkan sebagai percontohan, yaitu Srilanka dan Indonesia.Di sisi Indonesia, bisa dilihat dua titik proyek percontohan tersebut, keduanya berada di Kota Batu, yakni Sabers Pungli. (Surya/Sun) 

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved