Ini Kata Ali Fauzi Mantan Pentolan JI soal Penyebab Kerusuhan di Mako Brimob

Insiden Mako Brimob antara polisi dengan para napi teroris semata dipicu ketidakpahaman para napi terkait prosedur operasi standar (SOP)

Ini Kata Ali Fauzi Mantan Pentolan JI soal  Penyebab Kerusuhan di Mako Brimob
Hanif Manshuri
Ali Fauzi, Ketua Yayasan LP bersama Profesor Dr Jamhari Makruf, Dr Badrus Sholeh dan para peserta workshop di hall Tanjungkodok Beach Resort, Minggu (28/1/2018) 

TRIBUNJATIM.COM, LAMONGAN - Insiden Mako Brimob antara polisi dengan para napiter semata dipicu ketidak pahaman para napi terkait standar operasi prosedur (SOP) yang harus dilakukan aparat, termasuk kepolisian.

"Kerusuhan di Mako Brimob harus tahu faktor-faktor yang memicu," ungkap Ali Fauzi, mantan kombatan, instruktur perakit bom dan pentolan Jamaah Islamiyah (JI) saat ditemui Tribunjatim.com, Sabtu (12/5/2018).

Kabarnya hanya dominan soal makanan. Tentu, menurut Ali Fauzi tidak seremeh ini.

Informasi yang didapatkan adik trio bomber Bali ini, yakni karena ada informasi dari dalam yakni adanya berita yang menguap bahwa ada akhwat atau saudara napiter yang disekap.

"Menurut istilah saya, bukan disekap tapi diamankan," katanya.

Baca: Video Viral Raffi Ahmad dan Ayu Ting Ting Panen Hujatan, Peran Nagita Slavina Terungkap, Setuju?

Ali memahami, para napiteroris ini tipikal sumbu pendek. Kalau dalam rangkaian bom ada fuse atau sumbunya, dan mereka para napiter tergolong kecepatan merembet fusenya cepat.

Begtu mendapat informasi langsung direspon tanpa dilakukan proses cek dan ricek.

Tentu ini sesuatu yang kurang baik dan cukup disayangkan hingga meletus kerusuhan dan akhirnya memakan korbaan anggota polisi dan napi teroris.

Kalau yang dipermasalahkan itu hanya karena makanan, tandas Ali Fauzi, tentu haru dipahami oleh napi teroris.

Sebab segala proses memasukkan sesuatu atau apapun ke dalam rutan, petugas berpegang pada SOP (prosedur operasi  standard).

Halaman
123
Penulis: Hanif Manshuri
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help