Home »

Jatim

Pilgub Jatim 2018

Inilah Komitmen Gus Ipul Tingkatkan Kualitas Lulusan Sekolah Kejuruan

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Jawa Timur menjadi satu di antara komitmen Calon Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf (Gus Ipul)

Inilah Komitmen Gus Ipul Tingkatkan Kualitas Lulusan Sekolah Kejuruan
bobby Koloway/surya
Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut dua, Saifullah Yusuf (Gus Ipul), hadir di acara Haflah Akhirussanah SMP dan SMK Islam Tikung Lamongan, Sabtu (12/5/2018) di Lamongan. 

TRIBUNJATIM.COM, LAMONGAN - Peningkatan kualitas Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Jawa Timur menjadi satu di antara komitmen Calon Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf (Gus Ipul).

Apabila terpilih sebagai Gubernur Jawa Timur lima tahun kedepan, meningkatnya kualitas para lulusan SMK diharapkan dapat sekaligus menjawab kebutuhan lapangan kerja.

Hal ini dijelaskan Gus Ipul pada sambutannya saat hadir di acara Haflah Akhirussanah SMP dan SMK Islam Tikung Lamongan, Sabtu (12/5/2018) di Lamongan.

"Keterampilan itu penting. Siapa yang memiliki skill atau keterampilan akan sekaligus bisa segera mendapat kerja," kata Gus Ipul pada sambutannya.

Baca: Ini Kata Ali Fauzi Mantan Pentolan JI, Faktor Kerusuhan di Mako Brimob Antara Napiter Dengan Polisi

Untuk itulah, sejak beberapa tahun terakhir provinsi Jatim telah memperbanyak SMK. Hingga 2017, jumlah SMK di Jawa Timur mencapai 1680 unit.

Dengan rincian, SMK Negeri sebanyak 293 unit dan sisanya merupakan sekolah swasta.

"Oleh karena itulah, selama ini Pemrov menambah banyak SMK dan membatasi SMA," kata mantan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal ini.

"Bukan berarti pendidkan SMA kurang baik, namun lembaga pendidikan di wajib belajar 12 tahun perlu melahirkan tenaga kerja siap pakai di berbagai sektor lapangan kerja," katanya.

Siswa terampil menurut Gus Ipul harus memenuhi tiga hal. Pertama, harus mengerti teori. Kedua, bisa mempraktekkan teori keahlian (memiliki keahlian). Sedangkan yang terakhir, harus disertai perilaku yang sesuai dengan ketrampilannya.

"Ketiganya harus bisa dioptimalkan di sekolah, khususnya SMK. Siswa bukan hanya paham teori, namun juga bisa mempraktekkan. Hal ini dibuktikan dengan adanya sertifikat keahlian," ujar Wakil Gubernur Jawa Timur dua periode ini.

Halaman
12
Penulis: Hanif Manshuri
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help