Basarnas Punya Dua Alat Baru, Simak Keistimewaannya

Untuk Kelebihan alat, lanjut tholib, peralatan ekstrikasi portabel ini adalah operasionalnya yang menggunakan tenaga baterai.

Basarnas Punya Dua Alat Baru, Simak Keistimewaannya
TRIBUNJATIM.COM/MANIK PRIYO PRABOWO
Alat baru Basarnas yang bernama Rescue Ekstrication Portable dan FGDR (Findar Ground Penetrating Radar) saat ditunjukkan pada Rabu (16/5/2018) 

Laporan wartawan TribunJatim.com, Manik Priyo Prabowo

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Badan Penyelamatan dan Pencarian Korban Bencana Alam (Basarnas) Surabaya kembali memperoleh dua alat baru.

Dua alat baru yang bentuknya mirip seperti gunting raksasa ini diharapkan bisa mempermudah Basarnas mengevakuasi korban.

“Para rescuer Kantor Pencarian dan Pertolongan Surabaya mengikuti kegiatan familiarisasi peralatan SAR baru,” jelas Tholib Petugas Informasi dan Humas Basarnas Sruabaya, Rabu (16/5/2018).

“Alatnya berupa Rescue Ekstrication Portable dan FGDR (Findar Ground Penetrating Radar),” lanjutnya.

Rescue ekstrication portable atau peralatan ekstrikasi portabel merupakan jenis peralatan SAR yang digunakan dalam Vehicle Accident Rescue atau pertolongan korban kecelakaan di jalan raya.

Contoh, untuk mengevakuasi korban yang terjebak di dalam mobil atau reruntuhan rumah yang kini sudah menggunakan galvalum atau baja ringan.

Untuk Kelebihan alat, lanjut tholib, peralatan ekstrikasi portabel ini adalah operasionalnya yang menggunakan tenaga baterai.

Sehingga, lebih efisien untuk dimobilisasi ke lokasi operasi SAR tanpa harus membawa diesel engine sebagai sumber tenaga penggeraknya.

“Jenis peralatan ekstrikasi portabel yang diperkenalkan dalam kegiatan familiarisasi kali ini, yaitu rescue combi tool dan rescue ram,” paparnya.

Halaman
12
Penulis: Manik Priyo Prabowo
Editor: Edwin Fajerial
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help