Selama Bulan Puasa, Jam Pelajaran Siswa Dikurangi Sebanyak ini

Surat edaran khusus dikeluarkan Dinas Pendidikan terkait waktu belajar siswa selama bulan puasa.

Selama Bulan Puasa, Jam Pelajaran Siswa Dikurangi Sebanyak ini
SURYA/SUGIYONO
Para siswa SD sedang belajar. 

TRIBUNJATIM.COM, BANGKALAN - Memasuki bulan Ramadan, Dinas Pendidikan Kabupaten Bangkalan mengeluarkan Surat Edaran sebagai tindak lanjut Surat Keputusan Dinas Pendidikan Provinsi Jatim tentang Hari Efektif, Hari Efektif Fakultatif, dan Hari Libur bagi satuan pendidikan di seluruh wilayah Jatim.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangkalan Bambang Budi Mustika mengungkapkan, Surat Edaran itu telah disampaikan ke semua Kepala UPTD SD Negeri/Swasta dan Kepala UPTD SMP Negeri/Swasta di Bangkalan.

"Setiap jam pelajaran dikurangi lima menit. Misalnya satu jam pelajaran berdurasi 45 menit, selama puasa efektifnya hanya 40 menit," ujarnya, Rabu (16/5/2018).

Selain pengurangan jam pelajaran, Surat Edaran tertanggal 11 Mei 2018 itu juga memutuskan hari libur sekolah pada H-1 Ramadhan dan libur tiga hari pertama Ramadhan. Sesuai ketetapan Kementrian Agama.

Bambang menjelaskan, lantaran terbatasnya hari efektif ada semester 2, maka hari efektif pada bulan Ramadhan terhitung sejak 21 Mei hingga 8 Juni 2018.

Sedangkan Hari Efektif Fakultatif ditetapkan pada 30 Mei hingga 3 Juni 2018 dan kegiatan penilaian akhir semester 2 untuk SMP dapat dilaksanakan pada 21-28 Mei 2018.

"Hari Efektif di bulan Ramadhan (21 Mei - 8 Juni) agar digunakan untuk kegiatan proses pembelajaran, penilaian semester, dan pengolahan nilai," tegasnya. (Surya/Ahmad Faisol)

Penulis: Ahmad Faisol
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help