Semarak Ramadan 2018

Tetap Segar saat Berpuasa, Caranya Mudah dan Sederhana Banget

Saat berpuasa, orang banyak alami kekurangan cairan yang berpengaruh pada kesehatan kulit. Untuk mengurainya mudah banget dan simpel.

Tetap Segar saat Berpuasa, Caranya Mudah dan Sederhana Banget
SURYA/M TAUFIK
Jasmin Thalib 

TRIBUNJATIM.COM, SIDOARJO - Ketika berpuasa, kebanyakan orang mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Yang kemudian, kondisi itu berpengaruh terhadap kesehatan kulit.

Agar kulit tetap segar selama menjalani puasa, dokter Jasmin Thalib punya beberapa tips.

"Yang pertama harus minum banyak air putih," kata dokter spesialis kulit ini kepada Surya, Rabu (16/5/2018).

Karena sedang berpuasa, konsumsi air putih bisa dilakukan saat sahur dan berbuka puasa. Takarannya seperti biasa, sehari minimal 8-10 gelas.

Kemudian, menurut dokter yang berpraktik di Rumah Sakit Siti Hajar, Rumah Sakit Delta Surya dan Skin 101Clinic tersebut, ketika berpuasa hendaknya memakai sabun yang kadar deterjennya rendah ketika mandi.

"Karena sabun yang semakin banyak kadar deterjennya juga semakin berpotensi mengakibatkan kulit kering," lanjut perempuan berjilbab tersebut.

Apalagi kulit yang berjerawat, sangat rentan dengan sabun yang kadar deterjennya tinggi.

Tips lainnya, selama berpuasa jangan sering-sering cuci muka menggunakan air. Kecuali saat berwudlu sebelum menjalankan salat.

Keseringan cuci muka dengan air juga mengakibatkan kulit tambah kering. "Agar terasa segar, sebaiknya pakai water spray saat siang hari," sarannya.

Satu lagi, ketika beraktivitas di bawah terik matahari, disarankan menggunakan sunblock atau sebagainya supaya kulit tidak langsung terkena panas hari. (Surya/Ufi)

Penulis: M Taufik
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help