Home »

Jatim

Serangan Bom di Surabaya

Lamongan Punya Sejarah, AKBP Feby Tak Ingin Sel Aktif JAD Muncul Lagi, ini Yang Dilakukan

"Kita sebelumnya punya history," tandas Kapolres Lamongan, AKBP Feby DP Hutagalung saat ditanya Tribunjatim.com, Jumat (19/5/2018)

Lamongan Punya Sejarah, AKBP Feby Tak Ingin Sel Aktif JAD Muncul Lagi, ini Yang Dilakukan
Hanif Manshuri
Kapolres Lamongan, AKBP Feby DP Hutagalung menyerahkan bantuan mesin bubut ayam kepada Toni Saronggolo, mantan napiter, di pelataran Mapolres, Selasa (23/1/2018) 

TRIBUNJATIM.COM, LAMONGAN - "Kita sebelumnya punya history," tandas Kapolres Lamongan, AKBP Feby DP Hutagalung saat ditanya Tribunjatim.com, Jumat (19/5/2018) terkait langkah intens kebersamaannya terhadap seluruh elemen masyarakat di Lamongan yang tak pernah mengenal lelah.

Pihaknya tidak ingin di wilayahnya terdapat sel kelompok Jamaah Ansharu Daulah (JAD) atau yang berafiliasi dengan ISIS.

Untuk mencegah itu, pihaknya membutuhkan dukungan semua elemen masyarakat untuk bisa mengantisipasi dan mencegah agar tidak terjadi penyebaran paham radikal oleh kelompok JAD.

Feby tidak akan putus asa dalam melakukan pendekatan secara kemanusian dan masif kepada kelompok JAD, sebagai upaya pencegahan.

Baca: Razia Penumpang Bus, Perketat Mako dan Tempat Ibadah di Lamongan

“Saya yakin kalau mereka ini bisa disembuhkan dan diajak kembali ke Islam yang hakiki,” tuturnya.

Makanya, erlu adanya komunikasi intens dengan mereka yang kemungkinan menjadi jaringan ini.
Sebagai upaya pencegahan, Polres meminta peran serta tokoh agama, di tingkatan dusun, desa, dari tingkat RT, RW sampai dusun untuk mendekati orang yang sudah terpapar paham radikal.

Pola pendekatannya dengan memberikan pemahaman syariat Islam hakikinya itu seperti apa, dengan lambat laun. Yang penting jangan mengenal putus asa.

"Kita jangan cepat menyerah,” katanya.

Ditambahkan, sebelum sel JAD bangkit, Polres Lamongan bersama Pemkab, Forkopimda Lamongan, camat dan tokoh agama serta tokoh masyarakat satu kata berupaya melakukan pencegahan.

Semua saling bahu-membahu untuk melakukan pencegahan secara masif.

Halaman
12
Penulis: Hanif Manshuri
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help