Rel Pasuruan - Banyuwangi Mulai Diawasi Jelang Lebaran

PT Kereta Api Indonesia berbehah jelang arus mudik dan balik lebaran.Sejumlah rel perlintasan KA di Pasuruan mulai dibenahi.

Rel Pasuruan - Banyuwangi Mulai Diawasi Jelang Lebaran
(Surya/Galih Lintartika)
PT KAI benahi rel kereta api di Pasuruan 

 TRIBUNJATIM.COM,PASURUAN - PT Kereta Api Indonesia (KAI) mulai berbehah menjelang arus mudik dan balik lebaran tahun ini. Sejumlah rel perlintasan Kerata Api (KA) di Pasuruan mulai dibenahi.

Pembenahan itu meliputi perbaikan rel yang memuai, hingga mengelas rel-rel yang berlubang.

Aktivitas pembenahan ini tampak di rel perlintasan KA Ngopak dan Lekok, Pasuruan, Jumat (18/5/2018) siang. Sejumlah pekerja tampak sibuk memperbaiki rel itu meski dibawah terik matahari.

Hanan, salah satu pekerja mengatakan, perbaikan ini dimulai dari Bangil yang masuk dalam wilayah Daops 9.

Untuk yang masuk di dalam Daops 8 , kemungkinan sudah ada yang menanganinya sendiri.

Baca: Polisi Selidiki CCTV Gerbang Tol Sidoarjo

"Memang dilakukan untuk persiapan arus mudik dan arus balik. Dari Daops 9 sendiri memang sengaja melakukan perbaikan jauh-jauh hari," katanya.

Humas Daops 9 PT KAI Luqman Arif mengatakan, pihaknya sudah mecatat beberapa titik yang harus dibenahi menjelang arus mudik dan balik lebaran tahun ini.

Beberapa waktu lalu, pihaknya sudah membuat sedikit catatan mana saja titik yang harus dibenahi.

Dari 261 Kilometer, mulai Pasuruan - Banyuwangi, ada sejumlah titik yang tingkat kerusakan relnya sederhana hingga menengah.

"Ini kami sudah lakukan perbaikan, dan ada juga yang masuk dalam perawatan rutin dari PT KAI. Besar harapan kami, rel sudah dalam kondisi prima saat lebaran nanti," katanya.

Baca: Usai Sahur Ratusan Warga Sudah Serbu Mudik Gratis

Kendati demikian, ia menepis bahwa kondisi kelaiakan rel saat ini jauh di bawah standar. Kata dia, rel ini sudah dalam kondisi baik. Tapi, memang perlu ada sentuhan agar rel ini tetap baik.

"Makanya ada rel yang kami las ulang, ada yang kami benahi. Ini salah satu bentuk perawatan khusus jelang lebaran, dan perawatan rutinan setiap bulannya," pungkasnya. (lih)

Penulis: Galih Lintartika
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help