Ini Bahaya Kesehatan Buka Puasa dengan Gorengan, Tampak Nikmat Padahal Banyak Mudarat!

Sebagian besar masyarakat Indonesia lebih memilih makan gorengan sebagai menu berbuka puasa. Padahal banyak mudaratnya!

Ini Bahaya Kesehatan Buka Puasa dengan Gorengan, Tampak Nikmat Padahal Banyak Mudarat!
Ilustrasi 

TRIBUNJATIM.COM - Apakah karena soal kepraktisan maupun selera, sebagian besar masyarakat Indonesia lebih memilih makan gorengan sebagai menu berbuka puasa.

Makanan yang digoreng atau bersantan, serta manis, diklaim merupakan makanan yang paling enak dikonsumsi saat berbuka puasa atau sahur karena rasanya gurih dan membuat tubuh terasa segar.

Padahal, mengonsumsi makanan atau minuman manis dan gorengan secara berlebihan, dapat memicu masalah berat badan naik saat puasa.

Pasalnya, makanan berminyak dan bersantan rentan diolah oleh perut sehingga berujung pada timbunan lemak membandel pada tubuh.

Rahasia tubuh tetap langsing saat puasa adalah menghindari makan gorengan, demikian seperti yang dikatakan oleh ahli gizi dari Vivafit, Kurniasih Ageng Pratiwi.

Meski Hamil Besar, Wanita Ini Ngotot Olahraga Berat, Semua Melongo Lihat Kondisinya Saat Anak Lahir!

Bule yang menjual gorengan di Pasar Rawamangun.
Bule yang menjual gorengan di Pasar Rawamangun. (Tribunnews.com/Adiatmaputra Fajar Pratama)

5 Fakta Kecelakaan Maut di Bumiayu Brebes, Seorang Pedagang Siomay yang Selamat Beri Kesaksian Ngeri

“Penyebab berat badan naik saat puasa seringkali dipicu oleh jenis makanan yang Anda makan seperti berminyak, berlemak, dan terlalu manis. Ini sangat berkaitan dengan menu gorengan yang kerap dilahap saat berbuka puasa, misalnya bakwan goreng, pastel, tahu goreng dan masih banyak lainnya,” ujar wanita lulusan STIKes Binawan tahun 2010 tersebut.

Paham soal kebiasaan makan gorengan yang masih banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia, Nia berbagi cara meminimalisir dampak makanan gorengan pemicu kegemukan.

“Bila tidak dapat menghindari makan gorengan, cukup makan hanya satu buah saja, serap minyak gorengan tersebut dengan tisu makan atau kertas pembungkus makanan yang mengandung penyerap minyak,” saran Nia, panggilan akrab Kurniasih.

Viral Foto Sandal Berhuruf Arab Bikin Netter Ngegas Dikira Ayat Suci, Padahal Ini Artinya, Duh Malu!

Puti Guntur Soekarno hampiri pedagang gorengan di pasar tradisional Oro-oro Dowo, Malang, Selasa (20/2/2018).
Puti Guntur Soekarno hampiri pedagang gorengan di pasar tradisional Oro-oro Dowo, Malang, Selasa (20/2/2018). (TRIBUNJATIM.COM/AYU MUFIDAH)

10 Foto Kimmy Jayanti, Model Seksi yang Dinikahi Pemain Madura United Greg Nwokolo, Meleleh Lihatnya

Setelah itu ia pun menganjurkan untuk memperbanyak konsumsi air putih dan buah segar karena serat dalam buah dapat membantu mengikat lemak yang berasal dari gorengan atau makanan bersantan.

“Jangan biarkan makanan bersantan atau berminyak seperti gorenganberada dan mengendap lama di saluran pencernaan Anda. Selain merusak kinerja sistem pencernaan, hal ini dapat menimbun lemak jahat yang juga memicu kegemukan,” tutup Nia lugas soal rahasia tubuh tetap langsing saat puasa.

Antar Anak SD Pulang ke Kompleks Mewah, Sang Driver Ojol Kaget Si Bocah Nggak Masuk ke Rumah

Artikel ini telah tayang di National Geographic dengan judul Inilah Risiko Kesehatan Akibat Berbuka Puasa dengan Gorengan.

Editor: Alga Wibisono
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help