PDAM Lawu Tirta Magetan Sabet Penghargaan Pengelolaan Terbaik di Jatim dan Nasional

PDAM Lawu Tirta salah satu badan usaha Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan berhasil memboyong

PDAM Lawu Tirta Magetan Sabet Penghargaan Pengelolaan Terbaik di Jatim dan Nasional
Surya/ Doni Prasetyo
PDAM Lawu Tirta Kabupaten Magetan, menyabet penghargaan sebagai perusahaan air minum dengan pengelolaan terbaik di Jatim dan tingkat nasional. 

 TRIBUNJATIM.COM,MAGETAN - PDAM Lawu Tirta salah satu badan usaha Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan berhasil memboyong sekaligus dua predikat sebagai Perusahaan dengan Pengelolaan Terbaik di Jatim dan tingkat nasional.

"Alhamdulillah, penghargaan ini buah jerih payah kami semua. Meski masih ada banyak kekurangan, kami berusaha perbaiki demi pelanggan warga Magetan,"kata Sugianto, salah seorang direksi PDAM Lawu Tirta kepada Surya (Tribunjatim.com), Kamis (24/5-2018).

Penganugerahan sebagai Perusahaan dengan Pengelolaan Terbaik itu setelah ada tim dari Badan Peningkatan Penyelengaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) Pusat beberapa waktu lalu.

"Kami tidak menyangka kedatangan tim BPPSPAM Pusat itu dalam rangka melakukan penilaian, karena sebelumnya tidak ada pemberitahuan, kami mengira hanya studi banding saja," kata Gianto.

Baca: Haaaa, Mucikari ini Ngompol Ditahanan, Polres Lamongan jadi Kerepotan

Disebutkan Dirum Sugianto, penghargaan sebagai Perusahaan dengan Pengelolaan Terbaik itu masih perlu kerja keras lagi agar PDAM Lawu Tirta bisa mendapat penghargaan ke satu, begitu juga ditingkat nasional.

"Penilaian kinerja PDAM Lawu Tirta Kabupaten Magetan berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri nomor 47 tahun 1999, klasifikasi tingkat keberhasilan baik dan penilaian BPPSPAM klasifikasi keberhasilan sehat," jelas Direktur Umum (Dirum) ini.

Sedang prestasi yang dicapai tahun 2017 selain peroleh reward dari Perpamsi, kategori operasional terbaik ketiga tingkat nasional untuk kabupaten yang berpenduduk lebih 500.000 jiwa.

"Penilaian kinerja dari BPPSPAM peringkat ke-4 di tingkat Jatim. Dan peringkat 15 ditingkat nasional tahun 2017 hasil penilaian BPPSPAM," kata Dirum.

Baca: 5 Pengakuan Remaja di Bawah Umur yang Hina Jokowi Lewat Video, Dari Taruhan hingga Penyesalan

Selain mendapat penghargaan, lanjut Gianto, PDAM Lawu Tirta juga berhasil meyakinkan pemerintah pusat untuk penghapusan hutang PDAM Lawu Tirta, Kabupaten Magetan sebesar Rp 4, 1 miliar, tahun 2016 lalu.

"Penghapusan hutang itu juga diberikan kepada 113 PDAM di seluruh Indonesia, dengan total nilai total Rp 3, 2 ttiliun. Penghapusan hutang itu awalnya tidak seorang pun yang akan mengira," kata Sugianto.

Saat ini, pelanggan air minum PDAM Lawu Tirta di Kabupaten Magetan berjumlah total 68.691 orang, dari jumlah sebanyak itu, sebagian besar berada dik Kabupaten Magetan kota. (Surya/Doni Prasetyo).

Penulis: Doni Prasetyo
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved