Semarak Ramadan 2018

Ketupat Palas, Makanan Tradisional Bulan Ramadan Khas Malaysia, Dibuat dari Daun yang Semakin Langka

Makanan yang terbuat dari beras ketan yang dibentuk segitiga dan dibungkus dengan daun palas yang semakin langka.

Ketupat Palas, Makanan Tradisional Bulan Ramadan Khas Malaysia, Dibuat dari Daun yang Semakin Langka
Ketupat palas 

TRIBUNJATIM.COM, TERENGGANU - Ketupat palas merupakan salah satu makanan tradisional yang selalu ada selama Ramadhan dan Syawal, terutama di daerah Terengganu, Malaysia.

Makanan yang terbuat dari beras ketan yang dibentuk segitiga dan dibungkus dengan daun palas yang semakin langka ini mempunyai banyak penggemar.

Meskipun daun palas sudah semakin langka, pembuat ketupat palas dari Kampung Bukit Tunggal, Zainab Awang tidak punya pilihan selain terus berjualan karena merupakan sumber penghasilan keluarganya sejak 2000.

"Awalnya, saya tidak pandai membuat 'ketupat palas'. Suatu hari, saya pergi ke seorang warga desa untuk belajar membuatnya tetapi dia tidak mendorong saya belajar untuk membuat kelezatan saat dia melihat bahwa saya sedang berjuang untuk mengambil keterampilan. Dia mengatakan kepada saya untuk menyerah karena saya tidak kompeten, "katanya, dilansir bernama, Sabtu (26/5/2018).

Awal Bulan Ramadan Sepi, Libur Hari Raya Waisak Bisa Dongkrak Pendapatan PT KAI )

"Saya pulang ke rumah. Rasanya sedih ketika orang memandang rendah saya. Kemudian, saya mulai berpikir lagi tentang cara menghasilkan lebih banyak pendapatan karena saya memiliki banyak anak, almarhum suami saya adalah seorang nelayan."

Zainab, yang sekarang dibantu oleh anak-anaknya, terus menjual 'ketupat palas' Ramadan ini di sekitar desa dan menghasilkan hampir RM200 per hari.

Untuk bulan puasa biasanya dia dengan putrinya akan mulai mengukus 15 kilogram beras ketan setelah makan sahur, 15kg beras ketan bisa menghasilkan 375 ketupat palas.

"Saya akan memanaskan santan terlebih dahulu sebelum mengaduknya dengan ketan sehingga ketupat palas akan bertahan lebih lama dan tidak cepat rusak."

Jangan Bilang Rindu Ramadan Kalau Tak Tahu 5 Menu Khas Indonesia ini, No 4 dari Siput, Berani Coba? )

"Saya juga menerima pesanan untuk ketupat palas dari orang-orang untuk dibawa pulang ke Perak, Selangor dan Kuala Lumpur, sebenarnya juga dari Arab Saudi," katanya.

Berita di atas sebelumnya telah dipublikasikan di Surya dengan judul Ketupat Palas Makanan Tradisional Ramadan Khas Malaysia

Editor: Edwin Fajerial
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved