Pilgub Jatim 2018

Khofifah Komitmen Tetapkan HET untuk Stabilitaskan Harga Bahan Makanan Pokok di Jatim

Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut 1 Khofifah Indar Parawansa saat blusukan ke Pasar Kota Bojonegoro

Khofifah Komitmen Tetapkan HET untuk Stabilitaskan Harga Bahan Makanan Pokok di Jatim
(Surya/Fatimatuz zahroh)
Calon Gubermur Jawa Timur nomor urut 1 Khofifah Indar Parawansa blusukan ke Pasar Kota Bojonegor, Senin (28/5/2018) dini hari. 

TRIBUNJATIM.COM, BOJONEGORO - Permasalahan kenaikan harga sejumlah bahan makanan yang kerap terjadi setiap ramadan, lebaran dan juga hari penting lain menjadi masalah yang menahun di jawa timur.

Hal tersebut juga ditemukan oleh Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut 1 Khofifah Indar Parawansa saat blusukan ke Pasar Kota Bojonegoro, Senin (28/5/2018).

Cagub yang berpasangan dengan Emil Elestianto Dardak ini mendapat keluhan dari sejumlah pedagang bahwa harga ayam potong yang melambung.

Harga ayam potong kerap melambung di setiap ramadhan dan membuat keluhan di masyarakat.

Baca: Dituntut Hukum Adat dan Denda Rp 5 M, Lucinta Luna Dibantu Sunan Kalijaga Hadapi Kasus Manokwari

Menanggapi hal tersebut, Khofifah sudah menyiapkan program yang akan diterapkan untuk menjaga stabilitas harga bahan makanan pokok di Jawa Timur agar tidak dipermainkan oleh spekulan.

Program yang ia gagas adalah penetapan dan penerapan harga eceran tertinggi untuk sejumlah bahan pokok terutama ayam potong.

"Saat ini harga eceran tertinggi (HET) menjadi penting. Tentu nanti harus dilihat dan harus sudah terdeteksi topografi penghasil ayam potong di Jawa Timur. Kalau ada HET, siapa saja peternak ayam tidak akan bisa mempermainkan harga," kata Khofifah.

Sebab dari banyak pasar tradisional yang didatangi Khofifah hampir semua pedagang ayam potong juga mengeluh bahwa mereka tidak bisa menjual ayam dengan margin yang cukup untuk keuntungan mereka.

Baca: Liga Champions 2018 Telah Usai, Era Trio BBC Real Madrid akan Berakhir?

"Pemerintah di sini punya kewenangan untuk mengendalikan harga lewat HET. Untuk melindungi konsumen dan juga tidak menyulitkan pedagang juga," katanya.

Saat ini ada sejumlah penetapan HET, seperti semen dan juga beras. Nah sedangkan untuk ayam potong, kemungkinan untuk menentukan HET nasional kecil, sehingga bisa diatur lewat HET regional provinsi.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help