Pilgub Jatim 2018

Emil Komitmen Berikan Solusi untuk Peningkatan Kesejahteraan Guru Swasta

Cawagub dari Khofifah Indar Parawansa itu menyerap aspirasi dari kalangan pendidik yakni Forum Guru Swasta (FGS) Ponorogo.

Emil Komitmen Berikan Solusi untuk Peningkatan Kesejahteraan Guru Swasta
TRIBUNJATIM.COM/ISTIMEWA
Acara Dialog Bersama Emil Dardak di Kantor PD Muhammadiyah Ponorogo, Rabu (30/5/2018) 

TRIBUNJATIM.COM, PONOROGO - Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak terus menyerap aspirasi kalangan bawah.

Kali ini Cawagub yang berpasangan dengan Khofifah Indar Parawansa itu menyerap aspirasi dari kalangan pendidik yakni Forum Guru Swasta (FGS) Ponorogo.

Dalam dialog dan penyerapan aspirasi para guru swasta di Kota Reog, Rabu (30/5/2018), beragam hal terlontar. Salah satu yang disorot adalah masalah kesejahteraan guru swasta.

Sebagaimana disamaikan sekretaris Forum Guru Swasta (FGS) Ponorogo, Sutrisno, misalnya. Ia mengeluhkan ketimpangan kesejahteraan guru swasta dan guru negeri.

Baca: Hari ini, Kapolri dan Panglima TNI Sambangi Polrestabes Surabaya

"Kalau dibandingkan antaran guru negeri dan swasta, jauh sekali bedanya. Bagaikan bumi dengan langit," tandas dia.

Selain soal kesejahteraan isu kekurangan guru dengan pengisian tenaga guru yang jumlahnya amat terbatas juga menjadi aspirasi keluhan para guru swasta ini.

Menjawab permasalahan itu, Emil memilih untuk menawarkan solusi dan program. Soal honor guru swasta yang minim dan munculnya wacana standar honor minimal menurut Emil pokok masalahnya bukan ada tidaknya honor minimal guru.

"Melainkan sumber anggarannya dari mana. Realitanya saat ini sumbernya dari SPP dan dana BOS. Nah kalau diterapkan upah minimum guru kemudian sekolah tidak bisa beroperasi bagaimana," kata Emil.

Kuncinya, Emil melanjutkan, saat ini yang harus pikirkan, mau darimana anggaran untuk meningkatkan kesejahteraan guru diperoleh.

Apakah dari pelatihan atau insentif dari pelatihan, atau opsi apakah bisa memberikan tambahan tunjangan dengan anggaran Pemprov yang dierluas lagi.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help