Arus Mudik dan Balik 2018

Jembatan Kalipang Nyanthol, Arus Mudik ke Bojonegoro Dipastikan Terganggu

Mudik ke Bojonegoro pada Lebaran tahun ini dipastikan terganggu, karena jembatan strategis ini tak kunjung jadi dibenahi.

Jembatan Kalipang Nyanthol, Arus Mudik ke Bojonegoro Dipastikan Terganggu
SURYA/M SUDARSONO
Jembatan Kalipang, di Kecamatan Kalitidu, Bojonegoro masih terus dikerjakan, Kamis (31/5/2018). 

TRIBUNJATIM.COM, BOJONEGORO - Jembatan Kalipang, di Kecamatan Kalitidu, Bojonegoro masih terus dikerjakan hingga sekarang akhir Mei, dari pengerjaan awal sekira satu bulan lalu.

Jembatan penghubung Bojonegoro-Cepu-Ngawi itu sesuai projek pengerjaan akan ditambah satu jalur lagi, agar dapat mengurai kepadatan kendaraan yang melintas di jembatan tersebut.

Sebelumnya hanya ada satu jembatan berukuran panjang 14 meter, lebar 6 meter. Pun pada jembatan baru juga memiliki ukuran yang sama.

Namun, pengerjaan jembatan baru tersebut dipastikan selesai Desember mendatang, sehingga saat lebaran belum bisa dilalui pemudik.

"Selesainya Desember mendatang, nanti saat mudik masih melintasi jembatan lama," kata Pelaksana Proyek PT Soyuren Indonesia yang berkantor di Jogjakarta, Syaiful Huda kepada wartawan saat di lokasi, Kamis (31/5/2018).

Dia melanjutkan, proses pengerjaan jembatan tersebut bukan karena lambat atau apa, namun memang estimasi pengerjaannya selesai pada akhir tahun ini.

Sehingga, lebaran tahun ini belum bisa dilalui pemudik.

"Mudik masih menggunakan jembatan lama, yang baru selesainya Desember. Pasti akan ada buka tutup bagi kendaraan yang melintas di jembatan lama," bebernya.

Namun saat ditanya jumlah anggaran proyek tersebut, Syaiful menyatakan tidak tahu besarannya. Hanya saja dia menjawab jika biaya pengerjaan jembatan ini berasal dari APBN perubahan.

"Saya tidak tahu kalau berapa jumlahnya, hanya saja anggaran dari APBN-P," tutup dia.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Bojonegoro, AKP Aristianto menyatakan, pada mudik tahun ini jembatan baru Kalipang belum bisa dilalui.

Jadi, saat arus mudik berlangsung maka akan dilakukan buka tutup di jembatan Kalipang.

Namun, lebih dulu Satlantas akan melakukan rekayasa lalu lintas, untuk mengetahui keputusan yang terbaik yang akan diberlakukan.

Selain itu, di bagian tepi jembatan juga akan dipasang seng sebagai tanda pembatas.

"Kita akan lakukan rekayasa lalu lintas dulu, bagaimana baiknya nanti akan diterapkan. Semoga mudik tetap lancar meski jembatan yang baru belum jadi," tegasnya. (Surya/Nok)

Penulis: M Sudarsono
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help