Semarak Ramadan

Yuk! Intip Masjid Serang Surabaya yang Berusia Tiga Abad dan Kental dengan Budaya Arab Yaman

Dibangunnya sebuah tempat ibadah, dipengaruhi juga oleh nilai budaya yang terkandung di wilayah tersebut.

Yuk! Intip Masjid Serang Surabaya yang Berusia Tiga Abad dan Kental dengan Budaya Arab Yaman
TRIBUNJATIM.COM/SAMSUL ARIFIN
Tampak depan Masjid Serang Jalan Panggung Surabaya, Jumat (1/6/2018). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Samsul Arifin

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Dibangunnya sebuah tempat ibadah, dipengaruhi juga oleh nilai budaya yang terkandung di wilayah tersebut.

Seperti halnya masjid yang satu ini, Masjid Serang, sebuah masjid yang terletak di Jalan Panggung, Surabaya ini berdiri kokoh di wilayah yang dihuni keturunan bangsa arab yaman ini.

“Masjid ini sudah terbangun sejak 3 abad lebih, karena penyebaran agama Islam di Surabaya ini dari Sunan Ampel yang berasal dari Yaman jadi banyak warga Yaman yang bermukim disini sehingga dibangunlah masjid ini,” terang Mahdi Kresan Al Haddad, satu di antara pengurus masjid tersebut.

Mahdi sendiri merupakan keturunan ke 6 yang mengurus masjid tersebut. Pola bangunan dari masjid ini sendiri tak lepas dari sentuhan seni dari negara Yaman.

“Yang paling kentara di masjid ini yaitu menaranya, mirip dengan Masjid Al Muhdor yang berada di Kota Tarim, Yaman,” terang Mahdi yang juga pedagang di Jalan Sasak, Surabaya ini.

Menara dari masjid ini sendiri berbentuk kotak yang tersusun dan mempunyai bilik kotak berjumlah empat bilik, berwarna hijau.

Selain itu, melihat ke dalam masjid yang berada diatas pertokoan ini secara umum sama seperti halnya masjid lainnya. Namun, tidak nampak adanya mimbar di tempat imam.

Masjid Serang sendiri didirikan oleh seorang Ulama dari India, bernama Syekh Ibrahim, lalu ia mewakafkan masjid tersebut untuk keturunan Nabi Muhammad.

Sebab, banyak warga dari Kampung Arab, Yaman itu dihuni oleh para Habib dan ulama serta kiai yang garis turunannya sampai ke Nabi Muhammad.

Halaman
12
Penulis: Samsul Arifin
Editor: Edwin Fajerial
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved