Pilgub Jatim 2018

KPU Kabupaten Malang Kekurangan 14.741 Surat Suara Pilgub Jatim

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang mengalami kekurangan surat suara Pilgub Jatim sebanyak 14.741 surar suara.

KPU Kabupaten Malang Kekurangan 14.741 Surat Suara Pilgub Jatim
SURYA/MOHAMMAD ROMADONI
Kondisi surat suara Pilgub Jatim yang rusak 

 TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang mengalami kekurangan surat suara Pilgub Jatim sebanyak 14.741 surar suara.

Ini setelah adanya kekurangan kirim surat suara sebanyak 5.812 dan surat suara rusak hasil sortir mencapai 8.929 surat suara.

Divisi Keuangan, Umum, dan Logistik KPU Kabupaten Malang, Taufik mengatakan, kerusakan surat suara terbanyak karena titik tinta tumpah mencapai 40 persen, kerusakan karena surat suara terlipat kusut sebanyak 15 persen, tinta tembus surat suara sebanyak 15 persen, warga surat suara terdegradasi sehingga tidak seimbang mencapai 10 persen, dan sisanya sekitar 20 kerusakan surat suara akibat potongan tidak simetris serta lainnya.

"Kami telah buatkan berita acara hasil sortir surat suara dan kekurangan pengiriman surat suara ke KPU Provinisi Jatim, semoga cepat dikirim surat suara pengganti kekuranganya," kata Taufik, Senin (4/6/2018).

Dijelaskan Taufik, dari kerusakan surat suara yang diketahui dari sortir semuanya tidak ada unsur kesengajaan. Artinya, surat suara Pilgub Jatim tersebut murni rusak sejak dari percetakan surat suara Pilgub Jatim.

Baca: Wali Kota Surabaya Belum Tahu Kalau Ada THR, Risma Bingung Soal Dananya

Untuk itu, dikatakan Taufik, rekanan percetakan pemenang lelang pengadaan surat suara harus mengirim kekurangan surat suara hingga terpenuhi jumlah DPT ditambah 2,5 persen.

Memang, diakui Taufik, untuk jumlah kekurangan surat suara akibat kerusakan dan kekurangan pengiriman terjadi hampir di semua wilayah.

Untuk wilayah Kabupaten Malang sendiri berada di urutan kedua setelah Jember dalam jumlah kekurangan surat suara.

Baca: Setahun, Puluhan Komputer di SD Ngegong Kota Madiun yangg Dicuri Belum Pernah Dipakai Siswa

Dengan demikian KPU Kabupaten Malang bukan satu-satunya daerah yang mengalami kekurangan surat suara Pilgub Jatim.

"Untuk itu, tentunya KPU Provinsi Jatim sudah menyiapkan langkah antisipasi. Tapi yang pasti surat suara yang mengalami kerusakan persentasenya jauh dibawa jumlah surat suara yang baik," tutur Taufik. (Surya/Achmad amru muiz)

Penulis: Achmad Amru Muiz
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help