Pilgub Jatim 2018

Gus Ipul Hadiri Haul di Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan

Calon Gubernur Jawa Timur Gus Ipul menghadiri Haul Almarhum KH Cholil bin Nawawie bin Noerhasan di Pesantren Sidogiri Pasuruan

Gus Ipul Hadiri Haul di Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan
bobby Koloway/surya
Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut dua, Saifullah Yusuf (Gus Ipul), menghadiri Haul Almarhum KH Cholil bin Nawawie bin Noerhasan di Pesantren Sidogiri, Pasuruan, Selasa (5/6/2018) petang. 

TRIBUNJATIM.COM, PASURAN - Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut dua, Saifullah Yusuf (Gus Ipul), menghadiri Haul Almarhum KH Cholil bin Nawawie bin Noerhasan di Pesantren Sidogiri, Pasuruan, Selasa (5/6/2018) petang.

Gus Ipul tak sendiri. di lokasi pesantren yang berlokasi di Desa Sidogiri, Kraton, Pasuran ini Gus Ipul hadir bersama belasan ribu jemaah.

Setibanya di tempat acara, Gus Ipul disambut langsung oleh Pengasuh Pesantren, KH Ahmad Nawawi Abdul Djalil. Bersama Kiai Nawawi yang juga merupakan Mustayar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ini, Gus Ipul lantas memanjatkan doa bersama untuk para pendiri pesantren.

Gus Ipul diajak KH Nawawi untuk masuk ke kediaman sehingga bisa dengan lebih khusyuk ikut berdoa.

Gus Ipul mengatakan bahwa kedatangannya di acara Haul para ulama sebagai bentuk penghormatan. Tak hanya oleh dirinya, namun juga para jemaah.

Baca: Inilah Dua Motif Pembunuhan Seorang Pria Asal Jakarta di Apartemen Daerah Mulyorejo

"Hadirnya ribuan jemaah menunjukkan bahwa para pendiri dan masayeich amat dicintai umatnya," kata Gus Ipul yang juga salah satu Ketua PBNU ini.

Sehingga, dengan mengingat jasa perjuangan para ulama yang sekaligus pendiri pesantren dapat menjadi tauladan bagi para jemaah di kehidupan sehari-hari.

"Mengikuti perintah ulama selalu menjadi ikhtiar bagi para jemaah. Sebab, dengan begitu sudah pasti akan sekaligus membawa kebaikan," kata keponakan KH Abdurrahman Wahid (Gusdur) ini.

Tak hanya itu, melalui kegiatan seperti ini, juga menjadi ajang silaturrahim para jemaah. "Majelis kirim doa seperti ini, juga sekaligus ajang reuni segenap kiai, alumni, dan para santri Sidogiri serta jemaah pada umumnya," kata Gus Ipul.

"Hal ini sekaligus menunjukkan bahwa para jemaah, pengasuh pesantren, hingga seluruh yang hadir masih satu jalur keilmuan," ujar Gus Ipul yang juga putra asli Pasuruan ini.

Baca: Akhirnya, PT LIB Putuskan Jadwal Persebaya Vs Persib Yang Sempat Tertunda

Halaman
123
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help