Pemkab Magetan Siap Bayar THR Plus Gaji

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan sebaliknya, konon sebelum hari Raya pekan depan, THR PNS/ASN sudah dibayarkan

Pemkab Magetan Siap Bayar THR Plus Gaji
Shutterstock
Ilustrasi THR 

TRIBUNJATIM.COM, MAGETAN - Beberapa daerah kesulitan membayar Tunjangan Hari Raya (THT) PNS/ASN, namun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan sebaliknya, konon sebelum hari Raya pekan depan, THR PNS/ASN sudah dibayarkan.

"Kalau kapan, tanggal berapa pastinya, kami belum bisa menyebutkan. Karena ini masih proses dan menunggu penyelesaian. Mudah mudahan sebelum Lebaran sudah diterimakan," kata Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Kekayaan Aset Daerah (DPPKAD) Pemerintah Kabupaten Magetan
Wahyu Saptawati Budi Utami kepada Surya, Selasa (5/6/2018).

Dikatakan Wahyu, PNS yang menjadi tanggungjawab Pemerintah Kabupaten Magetan seluruhnya total sebanyak 8.148 pegawai. Jumlah sebanyak itu setiap bulannya bisa berubah ubah, karena pensiun dan pindah.

Baca: Lebaran, Pengendara Mobil Lewat Suramadu Wajib Bawa Kartu E-Toll

"Tapi jumlah yang kami sebut itu riil, selain itu dari jumlah itu kami memberikan restan pada komponen gaji, itu sudah dilakukan pada bulan bulan sebelumnya dan selama ini cukup," jelasnya.

Menurut Kepala DPPKAD, dari jumlah PNS sebanyak itu anggaran yang harus dibayarkan mencapai Rp 36. 395. 825. 300. Anggaran sebesar itu berupa gaji pokok dan tunjangan lain lain.

"Kami menyebut dengan Komponen gaji, itu setiap tahun dianggarkan dan cukup. Bahkan jumlah dana yang dianggarkan diberi kelebihan untuk berjaga jaga ada tambahan PNS dari rekruitmen atau pindahan,'jelas Kepala DPPKAD merangkap Kabag Humas dan Protokol Pemkab Magetan ini.

Dikatakan Wahyu, perintah memberikan THR berupa gaji pokok, tunjangan kinerja dan tunjangan keluarga yang dinilai beberapa daerah mendadak itu, tidak sampai mengganggu pos anggaran lain. Karena komponen gaji ini setiap tahun sudah dianggarkan di Pemkab Magetan.

Baca: Ahed Tamimi, Gadis yang Berani Lawan Tentara Israel dan Disebut Simbol Baru Perlawanan Palestina

"Sekali lagi, kita tidak bisa menyebut tanggal bisa diterima THR PNS itu, tapi mudah mudahan sebelum hari Lebaran, kemungkinan bisa pekan ini, sudah diterimakan kepada PNS ,"kata Wahyu.

Seperti diberitakan Surat edaran berisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 tahun 2018 terkait Pemberian THR dan gaji ke-13 untuk para PNS, pensiunan PNS, serta anggota TNI dan Polri yang diteken Presiden Joko Widodo (Jokowi) cukup membuat pemerintah di daerah kebingungan.

Namun, tidak sedikit pemerintah daerah yang menganggap perintah Presiden Jokowi itu sebenarnya sudah tersedia, seperti dilakukan Pemerintah Kabupaten Magetan. Konon THR dan gaji itu setiap tahunnya sudah dianggarkan, bahkan anggaran gaji itu diberikan restan untuk PNS baru dan pindahan.(Surya/Doni Prasetyo).

Penulis: Doni Prasetyo
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved