Pilgub Jatim 2018

Polres Pasuruan Pastikan Siap Amankan Pilkada 2018

Safari 3 pilar plus yang digagas Polres Pasuruan dalam rangka mengecek kesiapan pengamanan menjelang pelaksanaan Pilkada

Polres Pasuruan Pastikan Siap Amankan Pilkada 2018
(Surya/Galih Lintartika)
Kapolres Pasuruan AKBP Raydian Kokrosono 

 TRIBUNJATIM.COM, PASURUAN - Safari 3 pilar plus yang digagas Polres Pasuruan dalam rangka mengecek kesiapan pengamanan menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 sudah mencapai babak akhir.

Safari 3 pilar plus yang diikuti unsur Polisi, TNI, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan, plusnya Panwasalu, KPU, dan tokoh agama di 17 kecamatan se-jajaran Polres Pasuruan sudah usai.

Penutupan safari 3 pilar ini dihadiri oleh 1.000 tamu undangan lebih di Alun-alun Bangil, Selasa (5/6/2018) sore.

Penutupan ini ditandai dengan pengecekan tahap akhir untuk pengamanan jelang pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan.

Baca: Kisah Mantan Teroris yang Gagal Meledakkan Bom karena Ada Perempuan Berjilbab

Acara diakhiri dengan doa bersama yang dipimpin ulama dan kiai. Doa ini dipanjatkan agar pelaksanaan Pilkada Pasuruan ini berjalan damai, aman, tentram dan maslahat di setiap tahapannya. Acara diakhiri dengan buka bersama.

Kepada Surya, Kapolres Pasuruan AKBP Raydian Kokrosono mengatakan, safari tiga pilar plus ini sudah dilaksakan di semua wilayah hukum Polres Pasuruan.

Kata dia, hasil dari keliling di 17 Polsek jajaran ini, pihaknya bisa menyimpulkan bahwa pengamanan jelang pelaksanaan pilkada secara umum sudah siap. Petugas pengamanan dari Polisi, TNI, Satpol PP, Linmas, PPK dan sebagainya sudah tertata dengan baik.

"Tidak ada kendala. Semuanya sudah siap, insyallah bersama semua unsur kami siap menyelenggarakan pilkada aman. Bersama tiga pilar plus ini kami akan maksimalkan agar pilkada tidak ada kendala," tambah dia.

Baca: Inilah Dua Motif Pembunuhan Seorang Pria Asal Jakarta di Apartemen Daerah Mulyorejo

Bahkan, lanjut dia, pihaknya sangat mengedepankan safari tiga pilar plus ini. Dari safari ini, pihaknya bisa mengetahui peta kerawanan, dan rawan konflik di Kabupaten Pasuruan.

"Kami sudah bisa memetakan dan insyallah kami sudah siap mengatasinya. Kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk meminimalisir gangguan kamtibmas ini. Bahkan, di masing-masing polsek memiliki cara tersendiri untuk antisipasi gangguan kamtibmas saat pelaksanaan pilkada nanti menyesuaikan dengan karakter di masing-masing daerahnya," tambahnya. (lih)

Penulis: Galih Lintartika
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help