Urai Macet, Satlantas Polres Jombang Kembali Aktifkan Tim Joker

Satuan Lalulintas Polres Jombang akan kembali menerjunkan Tim Joker guna mengurangi kepadatan arus lalu lintas saat mudik Lebaran

Urai Macet, Satlantas Polres Jombang Kembali Aktifkan Tim Joker
Surya/Sutono
Urai Macet, Satlantas Polres Jombang Kembali Aktifkan Tim Joker 

TRIBUNJATIM.COM, JOMBANG - Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Jombang akan kembali menerjunkan Tim Joker guna mengurangi kepadatan arus lalu lintas saat mudik Lebaran 2018.

Kasatlantas Polres Jombang, AKP Inggal Widya Perdana mengatakan Tim Joker 2018 terdiri dari 45 personel yang terbagi dalam sembilan grup tugas.

"Dalam satu tim ada lima personel. Nantinya setiap hari tujuh tim akan bertugas. Sedangkan dua tim lainnya lepas dinas serta menjadi cadangan," ujar Inggal kepada Surya (tribunjatim.com), Selasa (5/6/2018).

Pembagian tugas tersebut menurut Inggal, guna mengantisipasi efek kelelahan dari para personel yang bertugas di lapangan. Karena petugas di lapangan akan bekerja selama 24 jam penuh.

Baca: 10 Fakta Viral Penumpang Tunggal Pesawat Garuda, Sosoknya Bukan Orang Biasa, Begini Kronologinya

"Jumlah tim ini berkurang dari tahun lalu. Tahun kekuatan personel 50 orang," imbuhnya. Masih menurut Inggal, Tim Joker dapat melakukan rekayasa lalu lintas untuk mengurai kemacetan.

Rekayasa itu dapat dengan mengalihkan arus lalu lintas ke jalur alternatif, ataupun melakukan upaya 'contra flow' sesuai dengan SOP (standard operating procedure).

"Upaya yang dilakukan Tim Joker tentunya dikoordinasikan dengan personel lain yang ditugaskan di lapangan," pungkasnya.(Surya/Sutono)

Penulis: Sutono
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help