Pelindo III Terapkan Building Information Modelling untuk Perencanaan Pembangunan Proyek Investasi

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III menerapkan Building Information Modelling (BIM).

Pelindo III Terapkan Building Information Modelling untuk Perencanaan Pembangunan Proyek Investasi
ISTIMEWA
Ilustrasi konsep Flyover Terminal Teluk Lamong 

Laporan wartawan TribunJatim.com, Arie Noer Rachmawati

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III menerapkan Building Information Modelling (BIM) dalam melakukan perencanaan pembangunan untuk proyek investasinya.

Engineering, Information and Communication Technology Director Pelindo III, Husein Latief menyebut, penerapan BIM di Pelindo III memberi banyak keuntungan, utamanya dalam penyampaian sebuah proyek sesuai yang diharapkan karena menghasilkan informasi dalam bentuk digital.

Di mana informasi tersebut dapat digunakan oleh pihak-pihak yang membutuhkan selama siklus hidup bangunan tersebut.

"BIM ini mampu menyelesaikan permasalahan di semua tahap. Seperti desain, konstruksi, operasi dan pemeliharaan yang kerap timbul dalam suatu proyek," terangnya melalui keterangan resminya, Selasa (5/6/2018).

Hari Lahir Pancasila, Direksi Pelindo III Gelar Upacara Pakai Kostum Olahraga Asian Games 2018 )

Sehingga, dikatakan Husein Latief, berdampak pada biaya dan waktu pelaksanaan serta memiliki keakuratan yang tinggi dan lebih memudahkan dalam perencanaan proyek.

"Nantinya penggunaan teknologi bisa dihubungkan dengan program aplikasi lain untuk mendapatkan hasil yang optimal," imbuhnya.

Beberapa proyek Pelindo III yang menggunakan BIM antara lain pembangunan Pelindo Place Tower, lapangan penumpukan atau container yard (CY) Terminal Teluk Lamong, Flyover Terminal Teluk Lamong, dermaga Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, lapangan penumpukan, dermaga dan gudang Pelabuhan Waingapu Nusa Tenggara Timur.

"Yang pasti penerapan BIM dapat menghasilkan produk desain yang lebih efisien. Terutama pemangkasan biaya yang kemungkinan timbul selama berlangsungnya proyek akibat perbedaan antara perencanaan dan realitas di lapangan," jelas Husein.

Jelang Libur Lebaran, Pelindo III Siapkan 14.000 Tiket Mudik Gratis untuk Penumpang Kapal Laut )

Pembangunan dengan menggunakan BIM ini mulai diterapkan oleh Pelindo III pada triwulan pertama 2018. 

Penggunaan BIM ini diperkirakan dapat meningkatkan pelayanan bisnis di kepelabuhahan dan berdampak positif bagi kinerja perusahaan.

Penulis: Arie Noer Rachmawati
Editor: Edwin Fajerial
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help