Sidak Perusahaan, Disperinaker Bojonegoro Pastikan Pekerja Dapat THR

Jelang Hari Raya Idul Fitri 1439 H yang tinggal beberapa hari lagi, Dinas Perindustrian dan Ketenagakerjaan Kabupaten Bojonegoro

Sidak Perusahaan, Disperinaker Bojonegoro Pastikan Pekerja Dapat THR
M Sudarsono/Surya
Disperinaker Bojonegoro sidak Perusahaan, pastikan karyawan dapat THR 

TRIBUNJATIM.COM, BOJONEGORO - Jelang Hari Raya Idul Fitri 1439 H yang tinggal beberapa hari lagi, Dinas Perindustrian dan Ketenagakerjaan (Disperinaker) Kabupaten Bojonegoro, mulai melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah perusahaan.

Hal itu dilakukan untuk memastikan pihak perusahaan di wilayah Bojonegoro tak mengabaikan hak-hak pekerja, untuk mendapatkan tunjangan hari raya (THR).

"Sudah 31 perusahaan kita sidak, kita cek apakah perusahaan sudah memberikan THR kepada karyawannya atau belum. Ternyata sudah," kata Kasi Hubungan Industri (HI) Disperinaker Kabupaten Bojonegoro, Imam WS, Rabu (6/6/2018).

Imam melanjutkan, sesuai peraturan kementerian tenaga kerja, THR memang harus dibayarkan maksimal H-7 sebelum Idul Fitri. Dan, perusahan harus mentaati aturan tersebut.

Baca: Catat, Mulai 8 Juni Tol Fungsional Kertosono-Wilangan Hingga Usai Lebaran

Dari hasil sidak sebanyak 31 perusahaan, semuanya sudah memberikan THR. Sedangkan berdasarkan data, jumlah perusahaan di Bojonegoro ada sebanyak 446 perusahaan.

"Perusahaan yang belum kita sidak terkait THR masih banyak, rencananya H-7 lebaran akan kita sidak lanjut," terangnya.

Dia menambahkan, apabila hingga H-6 Lebaran masih ada perusahaan tidak membayar THR, maka pekerja segera melapor ke Disperinaker untuk ditindaklanjuti.

Baca: Pakai Baju Polisi, Perampok ini Jarah Rokok Dunhill Senilai Rp 3,9 Miliar di Madiun

Jika indikasi perusahaan tersebut bandel atau membangkang, maka akan diproses sesuai peraturan berlaku. Bahkan, bisa dicabut izinnya.

Namun, dirinya yakin jika perusahaan di Bojonegoro akan memberikan hak pekerjanya. Sebab, di tahun sebelumnya juga berlaku hal demikian.

"Silahkan melapor jika ada yang tidak dapat THR, namun semoga saja semua perusahaan di Bojonegoro taat aturan," pungkasnya.(nok)

Penulis: M Sudarsono
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help