Pilgub Jatim 2018

Bertekad Ratakan Jangkauan Listrik di Desa Hutan, Khofifah Daat Dukungan LMDH Probolinggo

Dalam deklarasi yang dilakukan oleh LMDH Probolinggo, Situbondo, dan Lumajang, di Rumah Makan New Rahayu, banyak warga petani hutan

Bertekad Ratakan Jangkauan Listrik di Desa Hutan,  Khofifah Daat Dukungan LMDH Probolinggo
(Surya/Fatimatuz zahroh)
Anggota LMDH probolinggo, Lumajang, Situbondo deklarrasi menangkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak di Rumah Makan New Rahayu, Probolinggo, Kamis (7/6/2018). 

 TRIBUNJATIM.CO, PROBOLINGGO - Visi misi dan tekad pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Jatim nomor urut 1 Khofifah Emil dalam menyejahterakan masyarakat desa hutan mendapatkan pujian dari anggota LMDH Progolinggo, Kamis (7/6/2018).

Dalam deklarasi yang dilakukan oleh LMDH Probolinggo, Situbondo, dan Lumajang, di Rumah Makan New Rahayu, banyak warga petani hutan yang sepakat dengan program dan komitmen Khofifah Emil yang dimaktub dalam pakta integritas antara Khofifah Emil dan LMDH Jatim.

Beberapa program yang diberikan apresiasi adalah dalam hal memberikan kemudahan akses pendidikan, kesehatan, dan juga pemerataan listrik di desa hutan.

Baca: Khofifah-Emil Janjikan Pemerataan Pendidikan dan Kesehatan bagi Masyarakat Desa Hutan

Sunairi, anggota LMDH Probolinggo mengatakan bahwa memang ada sejumlah kawasan desa hutan yang belum teraliri listrik. Salah satunya di Sambikerep.

"Visi misi beliau, tekad beliau -Khofifah-, sangat sesuai dengan apa yang kami harapkan, yang kmi butuhkan. Kami harap Bu khofifah dan pak Emil bisa menang dan mewujudkan apa yang ada di pakta intergritas bersama warga desa hutan," kata Sunairi.

Tidak hanya itu, Sunairi juga memberikan rekomendasi strategis pada Khofifah bahwa kelak bisa memerperbaiki laynan pendidikan di kawasn desa hutan. Pasalnya saat ini banyaj gedung sekolah tak layak dan membutuhkan sentuhan pembangunan.

"Tolong gedung-gedung sekolah diperhatikan, dan dibangun. Karena sudah banyak yang rusak," katanya.

Sementara itu dalam sambutannya, Khofifah mengatakan bahwa perlindungan sosial adalah urusan yang masuk dalam pakta integritas yang komitmen diwujudkan Khofifah Emil untuk masyarakat desa hutan.

Baca: Lakukan OTT di Jawa Timur, KPK Bawa Wali Kota Blitar ke Jakarta

"Layanan pendidikan menjadi bagian dari konsep perlindungan sosial. Itu ada di pakta integritas dengan LMDH di urutan nomor 1," kata Khofifah yang hadir dalam acara deklrasi. Ia jiga didampingi oleh Ketua Tim Pemenangan Khofifah-Emil, M Roziqi.

Selanjutnya Khofifah juga menyebutkn di nomor 2 pakta integritas, ia dan Emil berkomitmen untuk mewujudkan tata kelola dan bagaimana membangun simbiosis mutualisme antara pemerintah dan LMDH. Termasuk mengembangkan sektor agro dari petani hutan.

"Kami ingin mengajak petani hutan untuk mengembangkan program petik olah kemas jual," kata Khofifah.

Ia mencontohkan butuhnya pengadaan mesin slicer untuk membuat keripik. Maka alat yang dibutuhkan untuk bisa membuat keripik yang memiliki ketebalan yang sama, dan kegaringan yang sama membutuhkan aliran listrik.

"Pengadaan liatrik di sekitar hutan harus diperhatikan. Ini menjadi bagian dari komitmwn kmi di pakta integritas nomor 3, yaitu memberikan kemudahan akses dan fasilitas untuk masyarakat desa hutan," pungkas Khofifah. (Surya/Fatimatuz zahroh)

Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help